Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Pemkab Kulon Progo Pasang Alat Peringatan Dini di Lokasi Rawan Longsor

longsor bencana longsor bencana banjir
Ahmad Mustaqim • 25 Maret 2019 16:33
Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan early warning system (EWS) baru untuk Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten Kulon Progo bagian utara menjadi lokasi yang banyak memiliki lokasi longsor. 
 
"Tiga EWS ini untuk Kulon Progo, di sana ada kawasan rawan longsor, seperti (Kecamatan) Samigaluh dan Kalibawang," ujar Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana di Yogyakarta pada Senin, 25 Maret 2019. 
 
Biwara mengatakan, tiga EWS baru tersebut baru dipastikan lokasi titik pemasangannya. Ia mengatakan belum ada penambahan EWS baru meski banyak lokasi longsor di DIY, termasuk di Gunungkidul. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(EWS) di lokasi lain, seperti di Gunungkidul belum. Sementara anggarannya baru bisa untuk tiga (EWS) itu," kata dia. 
 
Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo, Suhardiyono mengatakan tiga EWS baru akan dipasang tiga lokasi berbeda. Tiga lokasi ini berada di Kecamatan Kalibawang, Kecamatan Girimulyo, dan Kecamatan Samigaluh. 
 
"Minggu lalu lokasi tidak longsor. Tapi dulu ada retakan. Pertimbangan itu. Selain itu dibawahnya ada banyak penduduk," kata Suhardiyono. 
 
Ia mengungkapkan, EWS nantinya akan dipasang petugas BPBD DIY. BPBD Kulon Progo, kata dia, hanya bertugas mencari kawasan yang rawan longsor dan belum terpasangi EWS. 
 
Suhardiyono menambahkan, sudah ada 86 EWS terpasang di kawasan longsor di Kabupaten Kulon Progo. Namun, pihaknya belum memastikan kondisi terkini fungsi masing-masing EWS. 
 
Selain Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul terdapat banyak lokasi longsor. Teranyar, tiga orang meninggal akibat longsor pada Minggu, 17 Maret 2019. 
 
Pada saat yang sama, bencana juga terjadi di Gunungkidul. Beruntung, di sana tak menimbulkan korban jiwa. 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif