Foto almarhum Mulyono Herlambang, Medcom.id - Pythag
Foto almarhum Mulyono Herlambang, Medcom.id - Pythag (Pythag Kurniati)

Almarhum Paman Jokowi Dikenal Tak Pernah Marah

obituari
Pythag Kurniati • 03 Januari 2019 18:35
Solo: Penyayang, sabar, dan tak pernah marah. Kata itulah yang meluncur dari mulut Kolonel Arm Putranto Gatot saat ditanya mengenai sosok ayahnya, Mulyono Herlambang, semasa hidup. Mulyono merupakan paman dari Presiden Joko Widodo.
 
"Sejak kecil sampai sekarang belum pernah melihat beliau marah," ungkap  Putranto yang merupakan putra sulung Mulyono Herlambang di rumah duka di Dusun Darmosari, Desa Gayam, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 3 Januari 2018.
 
Putranto menuturkan ayahandanya merupakan sosok yang benar-benar ia jadikan panutan. "Sabar sekali dan tidak pernah menuntut macam-macam," kenang dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mulyono, kata putranya, semasa hidup bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia mengemban tugas di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo. 
 
Sekitar sepuluh tahun lalu, Mulyono purna tugas (pensiun) sebagai PNS. Seusai pensiun, ia lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Mulyono memiliki dua orang anak dan lima orang cucu.
 
Rasa sayang Mulyono yang besar pada keluarganya dibenarkan oleh sang istri. Istri Mulyono Herlambang, Winnys H Wiwiek Handayani menuturkan sebelum meninggal dunia, almarhum sempat menitipkan pesan padanya. 
 
"Bapak sempat pesan, titip anak cucu," tutur Winnys.
 
Dengan mata berkaca-kaca, Winnys menceritakan bahwa dirinya, sang suami serta beberapa kerabat menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci. "Kami semua bertujuh, termasuk saya dan suami," kata dia.
 
Sebelum berangkat umrah, Mulyono sering batuk. Saat melakukan prosesi umrah, Mulyono sempat menggunakan kursi roda. "Karena waktu itu terasa capek," ujarnya.
 
Saat akan pulang kembali ke tanah air, Mulyono mengalami sesak napas. Segera, ia dibawa ke Rumah Sakit King Abdul Aziz, Jeddah. Di sana, kondisi Mulyono menurun.
 
Mulyono pun menghembuskan napas terakhir pada Selasa, 1 Januari 2018 pukul 22.55 waktu Arab Saudi. Jenazah Mulyono saat ini sedang dalam proses pemulangan. Rencananya, pemakaman dilakukan pada Jumat, 3 Januari 2018 di TPU Jogobayan, Gayam, Sukoharjo.
 
Untuk diketahui, Mulyono merupakan adik kandung dari ayah Presiden Jokowi, Notomiharjo. Mulyono merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Mulyono meninggal dunia pada usia 66 tahun. Ia meninggalkan satu orang istri, dua orang anak dan lima orang cucu.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif