Polisi dan SAR Brebes Bersiap Hadapi Bencana
Anggota Sabhara melakukan pengecekan peralatan penanggulangan bencana di Mapolres Brebes. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Brebes: Tim SAR Brebes dan Kepolisian Resor (Polres) Brebes, Jawa Tengah, siaga 24 jam untuk memantau bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Mereka menyiapkan peralatan personel agar dapat memberikan respons cepat dalam penanggulangan bencana jelang musim hujan.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, mengaku sudah menginstruksikan anggotanya selalu siaga 24 jam untuk memantau bencana di wilayah masing-masing.

"Sudah kami intruksikan agar setiap anggota di Polsek dapat meningkatkan kewaspadaan bencana. Selain personel, polisi juga dilengkapi alat penunjang dan kendaraan taktis untuk melakukan quick respond," ungkap Kapolres saat dihubungi Medcom.id.
 
Satuan Sabhara (Sat Sabhara) Polres Brebes telah mempersiapkan alat dan sarana prasarana penanggulangan bencana, baik tanah longsor ataupun banjir.  Di antaranya perahu karet, gergaji mesin, alat pemadam kebakaran, alat-alat untuk evakuasi.


"Intensitas hujan di Brebes mulai tinggi. Beberapa daerah rawan banjir dan longsor. Kegiatan ini untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri atau jaga jaga saja," kata Kasat Sabhara AKP Guritno.

Koordinator Tim SAR Brebes Adhe Dhanie Raharjo mengatakan Brebes rawan bencana, terutama banjir dan longsor, saat musim hujan tiba.

Kawasan rawan longsor terdapat di wilayah Brebes selatan, meliputi Kecamatan Bumiayu, Ketanggungan, Bantarkawung, Larangan, Banjarharjo, Salem, Tonjong, Sirampog, dan Paguyangan. Sedangkan, daerah rawan banjir terdapat di wilayah Brebes utara, antara lain Kecamatan Brebes, Wanasari, Tanjung, Losari, Bulakamba, Jatibarang, serta sebagian wilayah Brebes selatan.

"Tim SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan PMI Brebes kini on call 24 jam dengan kekuatan 30 personel membantu warga yang membutuhkan pertolongan baik di kabupaten brebes maupun kabupaten di wilayah tetangga seperti Tegal dan Pemalang," ujar Dhani.


Tim SAR Brebes mengecek peralatan menjelang musim penghujan. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id