Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Panut Mulyono. Medcom.id/Patricia Vicka
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Panut Mulyono. Medcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Gelar Guru Besar Amien Rais Sudah Tak Berlaku

amien rais
Patricia Vicka • 24 Mei 2019 17:54
Yogyakarta: Dewan Guru Besar UGM menegaskan gelar guru besar Amien Rais sudah tidak berlaku. Mantan Ketua MPR ini sudah pensiun dari kegiatan akademik dan tak lagi terdaftar sebagai pengajar.
 
Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro menjelaskan gelar guru besar disandang seseorang yang masih aktif melakukan kegiatan akademik. Gelar tersebut masih berlaku jika Amien masih aktif di UGM.
 
"Beliau sudah pensiun. Maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang," tegas Koentjoro salam acara pernyataan sikap pesan persatuan dan perdamaian di Gedung Rektorat UGM, Jumat 24 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


UGM memiliki tiga komisi guru besar. Pertama komisi tentang pendidikan. Kedua ialah komisi tentang nilai-nilai UGM. Ketiga, wawasan kebangsaan,
 
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Panut Mulyono menegaskan Amien Rais sudah pensiun dari kegiatan kampus UGM. Amien juga sudah tidak terdaftar secara  struktural di UGM.
 
Karena itu UGM tidak bertanggung jawab atas segala pendapat atau tindakan yang dilakukan mantan Ketum PAN ini. "Sehingga apa yang beliau lakukan itu bukan tanggung jawab Universitas Gadjah Mada, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau,"tegasnya.
 
Politikus Amien Rais merupakan lulusan jurusan Hubungan Internasional UGM angkatan 1962. Ia pernah menjadi salah satu pengajar di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia sempat mendapatkan gelar sebagai guru besar atau profesor bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
 

 

 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif