Petugas Satpol PP merazia gelandangan dan pengemis di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Rabu (25/1). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah.
Petugas Satpol PP merazia gelandangan dan pengemis di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Rabu (25/1). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah. (Patricia Vicka)

Yogyakarta Mulai Diserbu Gepeng dari Luar Kota

yogyakarta Ramadan 2019
Patricia Vicka • 17 Mei 2019 09:40
Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai diserbu gelandangan dan pengemis (gepeng) yang diduga datang dari luar kota. Para gepeng mulai datang ke kota budaya ini sejak awal 0Ramadan.
 
Kepala Satpol PP DIY Noviar Ramdan mengatakan para gepeng tersebut sebagian besar datang dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti Klaten, Pacitan, Ponorogo dan kota-kota lainnya di sekitar DIY.
 
"Mereka datang ke Yogyakarta hanya saat bulan puasa dan Idulfitri," kata Noviar kepada Medcom.id, Jumat, 16 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Noviar memastikan pengemis yang merupakan warga Yogyakarta hanya sedikit. Menurut Noviar, pengemis asal Yogyakarta lebih suka meminta-minta di luar kota lantaran merasa malu ketika katahuan meminta-minta oleh tetangga atau keluarga.
 
Para pengemis tersebut kerap terlihat di kawasan wisata Malioboro atau alun-alun Utara dan Selatan Keraton Yogyakarta. Mereka biasanya minta sedekah di emperan toko atau pedestrian jalan. Adapula yang berkeliling meminta ke toko-toko dan Pedagang Kaki Lima (PKL).
 
"Malioboro dan alun-alun itukan pusat wisata. Selalu dipenuhi pengunjung atau wisatawan. Mereka jadi potensi para gepeng buat minta-minta," jelas Noviar.
 
Pantauan Medcom.id toko berjejaring modern menjadi tempat favorit mereka beraksi. Pengemis yang didominasi pada lansia tersebut biasa duduk minta-minta di dekat pintu keluar toko modern berjejaring. Sebagian besar mulai minta-minta malam hari usai buka puasa.
 
Jika hari biasa hanya tampak satu pengemis. Saat bulan ramadan, jumlahnya bisa mencapai dua atau tiga orang.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif