Antisipasi Banjir dan Longsor, Ganjar Minta Warga Resik-resik Kali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto:MI
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta warganya berperan aktif dalam upaya menanggulangi bencana. Menurut Ganjar, jelang musim penghujan ini, masyarakat Jateng harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Masyarakat harus terlibat. Saya beberapa waktu lalu berkunjung ke Klaten dan di sana mengikuti kegiatan resik-resik kali. Klaten sudah ada sekolah sungai, mereka sudah cukup lama membersihkan sungainya dan berjalan bagus,” kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 25 Oktober 2018.

Ganjar berujar Pemerintah Provinsi Jateng sudah jauh-jauh hari berupaya penanggulangan longsor dan banjir bencana di musim penghujan. Warga, kata Ganjar, bisa membantu meringankan kerja Pemerintah dengan cara bergotong-royong membersihkan sungai dan saluran air. “Saya selalu mengingatkan untuk mengantisipasi banjir, ayo bergotong royong membersihkan sungai dan saluran. Setiap Jumat kita galakkan bersih-bersih sungai," ujar Ganjar menegaskan.


Ganjar mengingatkan warga yang tinggal di daerah yang rawan agar menggerakkan tim resiko bencana. Daerah seperti Kudus, Pati, dan Kebumen disebut Ganjar sebagai daerah yang rawan terkena banjir. "Kepada daerah rawan banjir segera menggerakkan tim resiko bencana. Beberapa daerah memang harus diwaspadai musibah banjir," terang politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ganjar meminta daerah-daerah di Jateng mencontoh Kota Semarang dalam mengantisipasi banjir. Semarang disebut Ganjar aktif melakukan proses normalisasi sungai dan perbaikan saluran-saluran air. “Lihat saja di Kota Semarang, sekarang saluran airnya besar-besar. Ini hal yang bagus, dan daerah lain juga mengikuti,” tegas Ganjar.

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, menambahkan kedatangan bencana tidak bisa diprediksi. Menurut Sarwa, Banjarnegara, Wonosobo, Karanganyar, Kebumen, Cilacap, Pekalongan, Brebes dan Pemalang, merupakan daerah rawan longsor.





(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id