Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Patricia Vicka)

25 Warga Sleman Terjangkit DBD

demam berdarah
Patricia Vicka • 24 Januari 2019 13:58
Yogyakarta: Sebanyak 25 warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di awal tahun 2019. Kecamatan Depok adalah wilayah yang paling tinggi jumlah penderita DBD.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, warga yang terjangkit tersebar di Kecamatan Depok, Nganglik, Godean, Gamping, Mlati, dan Kalasan. Kecamatan Depok menjadi wilayah endemi terbanyak karena merupakan daerah dengan kepadatan penduduk tinggi.
 
"Dari 25 kasus, 11 di antaranya adalah warga yang tinggal di Kecamatan Depok," ujar Joko melalui pesan singkat kepada Medcom.id, Kamis 24 Januari 2019.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Joko menjelaskan, demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan Virus dengue. Virus disebarkan oleh infeksi gigitan nyamuk Aedes Aegypti.
 
Gejala demam berdarah di antaranya demam tinggi yang mendadak hingga mencapai 40 derajat celsius. Timbul bintik merah pada tubuh yang kadang disertai mual dan muntah.  
 
Hingga kini DBD belum merenggut nyawa warga Sleman. Kondisi sebagian warga yang terjangkit sudah pulih. "Belum ada yang meninggal. Hanya dirawat saja," jelas Joko.
 
Joko menambahkan tren kasus DBD di Kabupaten Sleman terus menurun setiap tahun. Berdasarkan catatan Dinkes Sleman, Kasus DBD selama 2017 berjumlah 427 kasus dan 3 orang di antaranya meninggal dunia. Sementara selama 2018, penderita DBD berjumlah 144 orang dengan kematian 1 orang.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi