Ilustrasi pengunjung penyandang disabilitas melewati ramp di tempat wisata. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Ilustrasi pengunjung penyandang disabilitas melewati ramp di tempat wisata. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

Tempat Wisata Diharap Perhatikan Kebutuhan Difabel

kaum difabel pelayanan publik
Pythag Kurniati • 20 Januari 2019 12:12
Solo: Aktivis penyandang disabilitas Dwi Ariyani ingin tempat wisata yang berada di Solo, Jawa Tengah menyediakan fasilitas khusus untuk difabel. Dwi mengklaim, sempai saat ini fasilitas tersebut masih sangat jarang ditemui.
 
"Atau kalau pun ada, sangat minim, di bawah standar," kata Dwi saat dikonfirmasi, Minggu, 20 Januari 2019.
 
Dwi yang juga Ketua Solo Raya Accesible Tourism (SRAT) mengatakan, tak sedikit tempat wisata yang tidak menyediakan fasilitas khusus. Dwi mencontohkan, saat komunitas penyandang disabilitas berkunjung ke sejumlah museum di Kota Solo dan kabupaten sekitarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyandang disabilitas terpaksa tidak bisa menjelajah seluruh tempat. "Sebab beberapa ruang displaynya belum menyediakan akses, misalnya bagi yang menggunakan kursi roda," jelas Dwi.
 
Dwi menjelaskan, sangat penting menyediakan kebutuhan khusus di lokasi wisata, seperti meja loket ramah disabilitas, ramp (jalur perlintasan dengan kemiringan tertentu) sebagai akses masuk dan toilet yang ramah difabel. Kemudian mereka juga membutuhkan informasi dalam bentuk audio dan visual.
 
"Staf-staf tempat wisata pun seharusnya dilatih untuk membantu rekan-rekan difabel," ucap Dwi.
 
Komunitas penyandang disabilitas, lanjut Dwi, sebenarnya secara terbuka bersedia dilibatkan dalam diskusi terkait aksesibilitas fasilitas tempat wisata. Sehingga fasilitas yang dimiliki dapat sesuai dengan standar kebutuhan penyandang disabilitas.
 
Dwi menekankan, untuk mencapai hal itu perlu adanya kesadaran dan kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah. "Harapannya kami, penyandang disabilitas bisa menikmati wisata dengan mandiri," pungkas Dwi.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif