Ilustrasi rumah sakit, Medcom.id - M Rizal
Ilustrasi rumah sakit, Medcom.id - M Rizal (Budi Arista Romadhoni)

Hampir Semua RS di Semarang-Demak Masih Layani Pasien BPJS

bpjs kesehatan
Budi Arista Romadhoni • 03 Januari 2019 19:20
Semarang: Sebanyak 28 rumah sakit beroperasi di wilayah Semarang dan Demak, Jawa Tengah. Hampir semua rumah sakit itu tetap dapat melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.
 
Kepala BPJS Kesehatan KCU Semarang Bimantoro mengatakan aturan dalam Surat Keterangan Kementerian Kesehatan Nomor HK.03.01/Menks/768/2018 menyebutkan akreditasi rumah sakit menjadi syarat kerja sama dua lembaga. Bila akreditasi belum diperbaiki, maka rumah sakit tersebut tak dapat menerima pasien peserta BPJS.
 
"Kalau belum terakreditasi, tidak bisa bekerja sama. Karena aturannya seperti itu," kata Bimantoro di ruang kerjanya di Semarang, Kamis, 3 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi di Demak dan Semarang, hampir semua rumah sakit sudah mengantongi akreditasi sesuai aturan Kemenkes. Sehingga pasien dapat menikmati layanan jaminan kesehatan di seluruh rumah sakit di dua wilayah itu.
 
"Kalau ada yang tidak bekerjasama nanti masyarakat dirugikan. Jangan sampai tiba-tiba tidak melanjutkan kerjasama, nanti bisa merusak sistem rujukan berjenjang, masyarakat yang dirugikan," ujarnya. 
 
Masih ada tiga rumah sakit yang belum bekerja sama. Satu di antaranya RS Siloam Semarang. Alasannya, ujar Bima, rumah sakit itu masih baru.
 
"Namun kami belum tahu apakah rumah sakit itu sudah terakreditasi atau belum," lanjut Bima.
 
Bima mengatakan BPJS tak mempersulit aturan rumah sakit untuk bekerja sama menjamin kesehatan masyarakat. Sebab, kerja sama itu sudah diatur Kemenkes.
 
"Akreditasi hanya salah satu syarat, selain itu masih ada lain yaitu sudah operasional, kemudian bisa menunjukan penanganan pasien, pengendali mutu. Ada yang sudah akreditasi tapi tidak ada pengendalian mutu, juga tidak bisa," tandasnya. 

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi