KPU Beri Waktu Sepekan Cari Pengganti Enthus

Kuntoro Tayubi 15 Mei 2018 12:39 WIB
obituari
KPU Beri Waktu Sepekan Cari Pengganti Enthus
Enthus Susmono saat mendalang. (MI/Supardji Rasban)
Tegal: Calon Bupati petahana Tegal, Jawa Tengah, Enthus Susmono, 52, meninggal dunia. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Tegal memberi waktu selama sepekan untuk parpol pengusung mencari pengganti Enthus. 

“Parpol atau parpol gabungan bisa mengusung calon pengganti (Enthus Susmono). Penunjukan pengganti tidak harus seketika, tapi ada jangka waktunya,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Sukartono, saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 15 Mei 2018.

Ia menjelaskan, sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, jika 30 hari menjelang pemungutan salah satu calon berhalangan tetap (meninggal) maka partai politik atau partai politik gabungan bisa mengusung calon pengganti.


Kemudian batas waktu menggantinya tujuh hari sejak meninggal dunia. Setelah pengajuan, KPU akan memverifikasi. Tapi jika parpol pengusung tidak menunjuk pengganti, maka otomatis calon wakilnya atau yang tidak berhalangan tetap akan gugur.

“Karena saat ini masih dalam jangka waktu 46 hari menjelang pemilihan, maka peraturan tersebut berlaku,” ungkapnya.

Baca: Ki Enthus Ingin Teruskan Perjuangan di Pilkada 2018

Enthus merupakan pasangan calon Bupati Tegal nomor urut 3 berpasangan dengan Umi Azizah. Sehari sebelum meninggal, Enthus bersama pasangannya yang sesama petahana berjanji mewujudkan masyarakat Kabupaten Tegal sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya, dan berakhlakul mulia dalam debat publik pemilihan bupati (pilbup) Tegal, Minggu, 13 Mei 2018, di Gedung Korpri Slawi.

Sedangkan misinya untuk lima tahun ke depan, paslon yang diusung PKB dan didukung Partai Hanura, Gerindra, PAN, dan PKS ini bakal memperkuat daya saing daerah melalui pembangunan infrastruktur yang andal, berkualitas, dan terintegrasi, serta berwawasan lingkungan. Paslon ini juga akan mengangkat potensi pariwisata yang ada di desa-desa untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Ki Enthus menghembuskan nafas terakhirnya di RS Soeselo Slawi dalam usia 52 tahun, Senin, 14 Mei 2018 sekitar Pukul 19.15 WIB. Bupati Tegal ini dimakamkan di rumah pribadinya di Jalan Projo Sumarto 2 Nomor 11, Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, hari ini.



(LDS)