Ilustrasi oleh Medcom
Ilustrasi oleh Medcom (Rhobi Shani)

Pasangan Kekasih Pembuang Bayi Ditangkap

penemuan bayi
Rhobi Shani • 05 Mei 2018 12:34
Jepara: Polres Jepara, Jawa Tengah menangkap sepasang kekasih yang membuang bayi hasil hubungan gelapnya. Mereka adalah Efi Darmi Suryani, 25, dan Anton Risman, 23, warga Desa Kemujan Kepulauan Karimunjawa.
 
Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP Suharta, menyampaikan dua tersangka ditangkap di lokasi berbeda. Efi ditangkap di desa tempatnya tinggal. Sementara Anton ditangkap di Jepara.
 
“Tersangka cewek lebih dulu ditangkap, kemudian baru yang cowok dan kebetulan posisinya di Jepara,” ujar Suharta, Sabtu, 5 Mei 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suharta menjelaskan, kasus bermula dari penemuan mayat bayi laki-laki di sebuah sumur milik warga RT 1 RW 5 Desa Kemujan, pada 18 April 2018. Mayat bayi yang ditemukan tersebut sudah membusuk dan masih terdapat tali pusar. Sehingga disimpulkan jika bayi meninggal baru beberapa hari.
 
“Dari hasil penyelidikan yang dilakukan menghasilkan kesimpulan yang menjurus pada nama Efi sebagai tersangka pembuang bayi,” terang Suharta.
 
Dari pengakuan tersangka, Suharta menuturkan, alasan membuang bayi karena malu. Pasalnya, bayi tersebut lahir dari hubungan gelap dan bayi lahir dalam keadaan meninggal.
 
“Bayi lahir pada tanggal 8 April. Tanggal 9 dan 10 disembunyikan oleh tersangka Efi. Tanggal 11 bayi dibuang di sumur dan pada tanggal 18 mayat bayi ditemukan,” urai Suharta.
 
Suharta mengungkap, tak ada seorang pun yang mengetahui jika Efi hamil hingga melahirkan. Ketika bayi lahir, usia kandungan Efi baru tujuh bulan. Tersangka melahirkan di dalam rumahnya sendiri. Sumur tempat membuang bayi hanya berjarak lebih kurang 10 meter dari rumah Efi.
 
“Waktu ke kamar mandi, tiba-tiba bayinya lahir dan sudah tidak bernyawa. Dia bingung terus membuang bayinya,” beber Suharta.
 
Atas perbuatannya itu, tersangka terancam dengan pasal 181 KUHP. Sebab dengan sengaja menyembunyikan, membawa lari atau menghilangkan mayat dengan maksud menyembunyikan kematian atau kelahirannya. Tersangka terancam hukuman kurungan paling lama sembilan bulan.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif