Kemenristekdikti Siapkan Lima Ribu Beasiswa untuk Mahasiswa Sulteng
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2018). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga.
Yogyakarta: Mahasiswa terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah akan mendapatkan beasiswa.  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan lima ribu beasiswa untuk mahasiswa yang terdampak.

Beasiswa ini akan diberikan bagi mahasiswa yang kuliah di seluruh perguruan tinggi di Palu atau Donggala dan juga Mahasiswa asal Palu dan Donggala yang tengah kuliah di universitas seluruh Indonesia.

Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan, beasiswa terbagi menjadi dua jenis, yakni berdasarkan prestasi akademik mahasiswa dan beasiswa Bidik Misi.


"Sudah kami alokasikan beasiswa. Untuk beasiswa prestasi akademik ada tiga ribu. Kalau bidik misi ada dua ribu," kata Nasir di Yogyakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Beasiswa prestasi akademik akan diberikan selama enam bulan. Pemberian beasiswa ini didasarkan pada nilai indeks prestasi (IP) mahasiswa per semester. Sementara beasiswa Bidik Misi diperuntukkan bagi siswa kurang mampu.

"Kalau beasiswa unggulan kami evaluasi tiap semester. Kalau nilainya (IP) bagus, bisa diperpanjang. Kalau bidik misi kami kasih empat tahun," jelas Nasir.

Nasir kembali mengatakan, pihaknya kini tengah mendata jumlah mahasiswa beserta rekam akademiknya. Ia menegaskan kegiatan perkuliahan di Sulawesi Tengah sudah kembali normal sejak minggu lalu.

Berdasarkan data Kemenrisetdikti saat ini terdapat 37 Perguruan Tinggi dan 61.827 mahasiswa di wilayah Sulawesi Tengah. Sementara jumlah mahasiswa asal Sulawesi Tengah yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia sekitar 3500 orang.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id