Jembatan di Jalur Utama Pantura Bisa Dilintasi pada H-2

Budi Arista Romadhoni 31 Mei 2018 19:47 WIB
lalu lintasMudik Lebaran 2018
Jembatan di Jalur Utama Pantura Bisa Dilintasi pada H-2
Masterplan Jembatan Kali Kuto di Batang yang menjadi jalur utama di Pantura, dok istimewa
Semarang: Pembangunan jembatan di Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah, belum rampung. Padahal jembatan tersebut merupakan akses utama di jalur Pantura yang menghubungkan jalan tol Batang-Semarang.

Hingga dua pekan sebelum Idulfitri, Kamis, 3 Mei 2018, proses pembangunan jembatan masih 70 persen. Saat ini, pekerja masih mengerjakan pelengkung baja di sisi kiri dan kanan jembatan.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono mengatakan mengantisipasi kemacetan di jalur Pantura lantaran Jembatan Kali Kuto belum dapat dilintasi. Ia memprediksi arus mudik terjadi mulai Sabtu, 9 Juni 2018 atau sepekan sebelum Idulfitri (H-7).


"Tapi, pengerjaan jembatan diperkirakan rampung pada H-2. Sehingga kami menyiapkan rekayasa lalu lintas hingga jembatan rampung dikerjakan," kata Condro usai latihan pra-Operasi Ketupat Candi 2018 di Gedung Gradika, Komplek Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Kamis 31 Mei 2018.

Nantinya, kendaraan diarahkan ke jalur fungsional, tepatnya dari Batang hingga Semarang. Khusus di Jembatan Kali Kuto,  Pemudik akan diarahkan keluar jembatan ke Jalan Umum, dan masuk kembali ke Jalan Tol Fungsional hingga Krapyak Kota Semarang. 

Kemudian titik kemacetan kedua yang akan diantisipasi adalah jalur tol fungsional Salatiga-Boyolali. Ruas jalan nasional sempit. Jalur fungsional akan dibuka pada siang hari. 

"Untuk daerah Tingkir, Salatiga, ini kita lihat, operasional sampai jam 17.00. Untuk mengurangi kepadatan jalur Salatiga-Boyolali, karena jalurnya cukup sempit dan titik kemacetan bisanya di situ," ujarnya.




(RRN)