Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Siap Sambut Pemudik

Mustholih 24 Mei 2018 15:23 WIB
bandara
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Siap Sambut Pemudik
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jumat 20 April 2018, Ant - Aditya Pradana Putra
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah optimistis terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, siap menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 2018. Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono, menuturkan bandara yang dibangun dengan biaya Rp2 triliun itu mulai resmi dioperasikan pada 2 Juni 2018.

"Insyaallah 2 Juni bisa beroperasi. Siap menyambut arus mudik yang diperkirakan mulai padat pada H-7 lebaran," kata Sri Puryono, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 24 Mei 2018.

Dengan dioperasikannya terminal baru tersebut, Sri Puryono berharap arus mudik ke Jateng dengan pesawat menjadi lebih lancar dan nyaman. Namun, ia memperkirakan bakal terjadi kebingungan bagi para pemudik yang pertama kali turun di bandara yang diklaim sebagai bandara apung pertama kali di Indonesia itu.


“Ini terminal bandara baru, jika diawal-awal terjadi kebingungan itu wajar. Bahkan fasilitas di terminal bandara ini serba elektronik, check in sendiri bisa, manual pun bisa,” ujar Sri Puryono menegaskan.

Terminal baru di Bandara Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi. Luas apron di bandara tersebut mencapai 72.522 meter persegi.

Menurut Sri Puryono, terminal baru Bandara Ahmad Yani bakal mampu menampung 7 juta calon penumpang per tahun ini. Pembangunan di bandara ditargetkan seleai pada 30 Mei 2018. "Hingga kini pengerjaan gedung terminal dan bangunan penunjang terus dilakukan," jelas Sri Puryono.



(RRN)