Petugas mencoba mengisi ulang Bahan Bakar Gas di BRT Trans Semarang, Rabu 9 Januari 2019. Medcom.id/Budi Arista Romadhoni
Petugas mencoba mengisi ulang Bahan Bakar Gas di BRT Trans Semarang, Rabu 9 Januari 2019. Medcom.id/Budi Arista Romadhoni (Budi Arista Romadhoni)

Trans Semarang Operasikan 72 Bus Berbahan Bakar Gas

transportasi
Budi Arista Romadhoni • 09 Januari 2019 13:08
Semarang: Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mulai menjalankan program pemasangan konverter gas pada BRT Trans Semarang. Sebanyak 72 bus dari Koridor 1,5,6,7 dan Koridor Bandara telah menggunakan alat konverter bahan bakar gas (BBG).
 
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan program tersebut merupakan wujud realisasi kerja sama antara Pemkot Semarang dengan Pemerintah Toyama City, Jepang. Ini upaya untuk menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.
 
"Kami dengan Toyama, kerjasama bantuan solar ke bahan bakar gas untuk transportasi masal. Pembiayaannya 50 persen dari Kota Toyama, 50 persen dari APBD Kota Semarang," katanya saat peresmian di Patra Semarang, Rabu 9 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biaya operasional bus lebih murah dengan pemasangan alat konverter gas tersebut. Penggunaan konverter gas BRT Trans Semarang sudah diuji coba. 
 
Bila dikalkukasi, satu bus Trans Semarang butuh Rp412.000 untuk membeli solar per hari. Sedangakan untuk campuran 70 persen gas CGN+30 persen solar hanya butuh Rp 374.100, hemat sekitar 10 persen untuk waktu dan jarak operasional yang sama.
 
"Emisi gas buangnya akan lebih rendah, kemudian tenaganya akan lebih kuat. Kita sudah tes di tanjakan gombel bisa pakai persneling tiga," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M Khadik.
 
Khadik menyebut semua BRT Trans Semarang akan beralih menggunakan gas secara perlahan. "Ini pengadaan untuk 72 unit. Target kita 2020 semua bisa gunakan konverter gas ini," ungkapnya.
 
Trans Semarang Operasikan 72 Bus Berbahan Bakar Gas
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dua dari kiri) dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi (dua dari kanan) usai meresmikan BRT Trans Semarang berbahan bakar gas di Hotel Patra Semarang, Rabu 9 Januari 2019. Medcom.id/Budi Arista Romadhoni
 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif