20 Pekerja asal Brebes, Jawa Tengah yang terlantar di Sorong, Papua. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
20 Pekerja asal Brebes, Jawa Tengah yang terlantar di Sorong, Papua. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi). (Kuntoro Tayubi)

20 Warga Brebes Diduga Jadi Korban TPPO di Papua

perdagangan manusia
Kuntoro Tayubi • 13 Januari 2019 18:26
Brebes: 20 warga Brebes, Jawa Tengah, diduga terlantar di Sorong, Papua, sejak 17 hari lalu. Para pekerja tukang gali asal Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan, Brebes ini diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).
 
Kepala Desa Pamulihan, Rodian membenarkan nasib yang menimpa warganya tersebut. Saat ini puluhan orang tersebut ditinggal kabur mandor yang membawanya bekerja ke Papua.
 
"Mereka menunggu bantuan keuangan dari teman dan sanak saudaranya di kampung untuk bisa pulang. Sementara ini mereka makan seadanya atas belas kasihan orang," kata Rodian saat dikonfirmasi, Minggu, 13 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberangkatan mereka ke Papua dilakukan pada akhir Desember 2018, oleh seseorang yang mengaku sebagai mandor. Saat itu, mereka dibiayai Rp1 juta perorang untuk mengerjakan galian tanah untuk proyek telkom.
 
"Selama bekerja tidak dibayar, bahkan mandornya kabur. Mereka kini berada di kompleks Aimas 2 Jalan Mawar, Kelurahan Makasih, Mariati Pantai Papua Barat," ungkap Rodian.
 
Ke-20 orang itu adalah Wiryo, Damad, Suka, Darwanto, Karwano, Dirman, Karnawi, Supendi, Rusjito, Suhari,Toto Kartono, Tardi, Handoko, Dakirim, Tarno, Wahai, Waryono, Hariri, dan Kuswanto.
 
Rodian mengaku masih terus berkomunikasi lewat telepon seluler dengan Wiryo, pekerja yang dituakan. Ia dan Camat Larangan, Supriyadi, sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Brebes untuk mencari solusi memulangkan mereka segera.
 
Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes Khambali mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Sorong, Papua untuk ikut membantu pemulangan 20 warganya ke daerah asal.
 
"Saya sarankan mereka membuat laporan polisi di Polsek Sorong, agar bisa pulang. Laporkan saja kalau mereka korban TPPO dan telantar akibat ditinggal kabur mandor yang membawanya ke Papua," kata Khambali. 
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif