General Manager PT Angkasa Pura I  Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama  di Yogyakarta, Senin, 21 Januari 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Senin, 21 Januari 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

Bandara NYIA Akan Diresmikan April 2019

bandara
Patricia Vicka • 21 Januari 2019 17:31
Yogyakarta: Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY akan diresmikan pada 7 April 2019. Kehadiran bandara baru ini sudah sangat mendesak untuk meringankan beban penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
 
"Maunya Maret 2019 sudah bisa beroperasi. Tapi dipastikan April 2019 baru bisa beroperasi sebagian," kata General Manager PT Angkasa Pura I  Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Senin, 21 januari 2019.
 
Pandu menjelaskan, pada awal operasional Bandara NYIA baru bisa melayani penerbangan international. Angkasa Pura 1 hanya membuka dua terminal dengan luas sekitar 12.900 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Luasnya kurang lebih sama seperti Bandara Adisutjipto. Di awal ada lima penerbangan yang mendarat di NYIA," jelas Pandu.
 
Saat diresmikan nanti, Pandu memastikan landasan pesawat (runway) sudah siap 100 persen dilewati pesawat. Begitu juga dengan taxy way, mampu menampung 23 pesawat parkir.
 
Jam operasional pun masih terbatas, dimulai pukul 06.00 WIB-18.00 WIB. Selepas pukul 18.00 WIB, pihaknya akan menggunakan waktu untuk mengebut penyelesaian bagian bandara lainnya.
 
"Jadi biarpun sudah dibuka sementara. Kami tetap mengebut pengerjaan bagian lainnya. biar akhir 2019 bisa beroperasi seluruhnya," beber Pandu.
 
Sementara terkait transportasi darat, Pandu menjelaskan PT KAI sudah mempersiapkan jalur kereta Api. Sementara waktu penumpang pesawat dari Yogyakarta akan berhenti di stasiun Wojo di Purwerejo Jawa Tengah.
 
Kemudian penumpang akan diantar ke bandara NYIA dengan menggunakan bus Damri yang disiapkan AP 1.
 
Saat ini progres pembangunan bandara baru sudah mencapai 30,2 persen. Runway pesawat akan diaspal pada 24 Januari 2019.
 
Pengoperasian NYIA diharapkan mampu mengurangi beban overload dari Bandara Internasional Adisutjipto. Pada akhir tahun 2018, jumlah penumpang di Bandara ADS mencapai 8,4 juta orang. Padahal kapasitas Bandara ADS hanya 1,8 juta penumpang per tahun.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi