RSUI Kustati Solo. Medcom.id/Pythag Kurniati
RSUI Kustati Solo. Medcom.id/Pythag Kurniati (Pythag Kurniati)

Pasien Tetap ke RSUI Kustati Walau Tanpa BPJS

bpjs kesehatan
Pythag Kurniati • 05 Januari 2019 20:47
Solo: BPJS Kesehatan menghentikan kerja sama dengan sejumlah rumah sakit di Indonesia. Sertifikasi akreditasi menjadi syarat wajib rumah sakit bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
 
Imbasnya, sejumlah rumah sakit pun tidak bisa melayani pasien BPJS. Di Solo, Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Kustati salah satunya. Sejumlah pasien BPJS mengaku kecewa lantaran aturan tersebut membuat RSUI Kustati tidak bisa menerima mereka.
 
"Ya kecewa, tapi mau bagaimana lagi,  sudah aturan," ungkap Sumi, warga Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu, 5 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengaku suaminya mengalami sakit di bagian kaki sejak tanggal 31 Desember 2018. Kemudian tanggal 2 Januari 2019 mereka menuju Kustati untuk menangani kondisi suaminya.
 
"Memang memilih Kustati. Karena selain dekat dengan rumah, pelayanannya juga baik. Rencananya mau pakai BPJS," kata dia.
 
Baca: RS Menanti BPJS Kesehatan Tindaklanjuti Rekomendasi Kemenkes
 
Sayangnya, Sumi baru mengetahui perihal aturan sertifikasi akreditasi tersebut. Sehingga rumah sakit tidak bisa melakukan tindakan jika menggunakan BPJS.
 
Lantaran kondisi suaminya mendesak disembuhkan, Sumi pun memilih tetap melakukan pengobatan di Kustati meski tanpa BPJS. "Sebab, perlu segera ditangani. Jadi mengeluarkan uang lagi pun tidak apa-apa," tutur dia.
 
Ia berharap, aturan mengenai sertifikasi akreditasi rumah sakit tidak membuat pasien BPJS dirugikan berkepanjangan. "Harapannya pasien bisa menggunakan (BPJS) segera," ujar Sumi.
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif