Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA FOTO/Wibowo Armando
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA FOTO/Wibowo Armando (Mustholih)

Ganjar Puji Langkah KPU Percepat Pengumuman Rekapitulasi Suara

pemilu serentak 2019
Mustholih • 21 Mei 2019 12:01
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memuji Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang lebih dini mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019. Keputusan itu menghindarkan konflik antara pendukung pasangan calon. 
 
"Dugaan saya akan ada perubahan yang signifikan, karena KPU memajukan pengumuman. Dengan posisi 55,5 persen dibanding 45,5 persen, maka sebenarnya sudah jelas posisi suara yang ada," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 21 Mei 2019.
 
Menurut Ganjar, percepatan pengumuman mengurangi gesekan di masyarakat. Mereka juga tak punya alasan turun ke jalan pada aksi penolakan hasil pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dugaan saya, orang akan berpikir ulang untuk melakukan cerita-cerita yang menyeramkan bagi masyarakat," tegas Ganjar.
 
Dia berharap elite politik bisa memberikan pernyataan menenangkan dan menentramkan usai pengumuman rekapitulasi suara. Tak perlu lagi ada aksi yang berpotensi memecah bangsa.
 
Ganjar meminta masyarakat Jateng tetap tenang dan tak reaktif terhadap hasil penghitungan suara nasional. Ia juga memantau dan tak menemukan banyak warga Jateng yang mendatangi Jakarta untuk berdemonstrasi.
 
"Jateng sampai tadi malam tidak ada ramai-ramai. Tidak ada pengerahan massa ke Jakarta, Semarang tidak ada, Solo ada enam orang. Memang kita tidak bisa menghalangi, namun saya kira masyarakat di Jateng sudah sadar," ungkapnya. 
 
Hasil rekapitulasi KPU Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan perolehan suara 85.607.362 atau 55,5 persen. Sementara itu, Prabowo-Sandiaga memperoleh 68.650.239 atau 44,5 persen.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif