Rutan Jepara Perbanyak Kegiatan Keagamaan
Kegiatan keagamaan di dalam Rutan saat Ramadan. Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara: Rumah Tahanan Kelas IIB Jepara, Jawa Tengah, menambah durasi waktu mengaji bagi warga binaan. Jika hari biasa hanya malam hari, selama Ramadan waktu mengaji pagi, siang, sore, dan malam.  Pengelola juga menambah kegiatan keagamaan seperti ceramah agama, salawatan, dan kesenian rebana.

"Ceramah agama diisi dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan kantor Kementerian Agama. Setiap hari bergantian," ujar Kepala Rutan Jepara Slamet Wiryono saat ditemui Rutan Jepara, Senin, 28 Mei 2018.

Selama Ramadan, aktivitas warga binaan pada pukul 09.00 sampai 10.00 WIB diisi dengan ceramah agama. Sebelumnya, diisi kegiatan tadarus Alquran.


"Siang setelah salat zuhur juga ada tadarus. Setelah tadarus kembali ke sel, terus sore keluar lagi salat dan aktivitas lain," kata Slamet.

Selain menambah durasi tadarus, warga binaan juga berkesempatan bermain rebana. Hasil latihan rebana ditampilkan pada kegiatan-kegiatan keagamaan di dalam Rutan.

"Tapi untuk kegiatan bersih-bersih tempat ibadah yang di luar Rutan, sementara kami tiadakan dulu. Semua kegiatan keagamaan di dalam dulu," ungkap Slamet.

Pantauan Medcom.id, sejumlah warga binaan nampak khusyuk mengikuti ceramah agama. Beberapa warga binaan nampak meneteskan air mata. Tak sedikit pula yang menundukan kepala seraya merenungi nasibnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id