Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (HBX) di Malioboro. Medcom.id/Patricia Vicka
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (HBX) di Malioboro. Medcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Malioboro Bebas Kendaraan Bakal Dimeriahkan Pentas Budaya

yogyakarta
Patricia Vicka • 18 Juni 2019 19:42
Yogyakarta: Malioboro bebas kendaraan dan pedagang Kaki Lima (PKL) saat Selasa Wage akan dibarengi pertunjukan seni dan budaya. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggandeng kelompok masyarakat dan seniman untuk meriahkan kawasan Malioboro.
 
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (HBX) mengatakan, atraksi seni dan budaya diperlukan untuk memeriahkan suasana Malioboro yang sepi kendaraan dan PKL.
 
"Kita akan coba isi dengan aktivitas budaya. Sehingga selasa Wage tetap ramai," ujar Sultan HBX saat memantau pelaksanaan Malioboro bebas kendaraan pada Selasa, 18 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tarian tradisional, pameran lukisan dan patung serta aksi teatrikal akan coba dihadirkan mulai Selasa Wage bulan depan.  Atraksi seni ini akan digelar di beberapa titik di kawasan Malioboro.
 
"Harapannya pertunjukan itu ada dari ujung tugu Teteg hingga titik nol. Kegiatannya mulai sore hari," jelas Raja Yogyakarta ini.
 
Pemerintah Kota Yogyakarta ditunjuk sebagai koordinator yang akan mengatur kelompok atau jenis pertunjukan seni dan budaya yang tampil.
 
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyambut baik rencana tersebut. Pemkot Yogyakarta siap untuk menggandeng komunitas warga dan seniman untuk menampilkan aksi bagi pengunjung dan wisatawan di Malioboro.
 
"Kami sepakat kekosongan ini akan diisi pentas seni dan budaya. Misalnya diisi Pantinom akustikan, teater dan pertunjukan musik," tegas Haryadi.
 
Pertunjukan ini nantinya akan berlangsung pada sore hari. Sementara pada pagi hari, kawasan Malioboro dibiarkan tanpa pertunjukan untuk memberi kesempatan warga menikmati Malioboro.
 

 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif