ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (M Yakub)

Sekolah dan Sawah di Bojonegoro Tergenang Banjir

bencana longsor bencana banjir
M Yakub • 26 Desember 2018 18:36
Bojonegoro: Kali Gandong di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu, 26 Desember 2018 meluap. Akibatnya sejumlah fasilitas umum seperti, jalan poros desa, gedung SDN Mejuwet 2, gedung TK, lapangan olahraga, tempat pemakaman umum, dan sawah siap tanam seluas 20 hektare di Desa Mejuwet, Kecamatan Sumberejo tergenang banjir.
 
"Banjir akibat hujan deras dari kawasan selatan Bojonegoro," kata Plt Kalaksa BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia kepada Media Indonesia, Rabu 26 Desember 2018. 
 
Menurut dia, banjir yang terjadi di Desa Mejuwet akibat luapan kali Gandong yang mendapatkan kiriman air dengan deras dari hulu sungai di kawasan selatan kabupaten setempat. Hal ini setelah adanya hujan deras dengan intensitas lama yang terjadi sejak Selasa malam 25 Desember 2018 hingga Rabu dinihari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibatnya, sejumlah fasilitas umum tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter. Sejumlah fasum yang terdampak banjir itu adalah jalan poros desa, gedung SDN Mejuwet 2, gedung TK, lapangan olahraga, tempat pemakaman umum, dan sawah siap tanam seluas 20 hektare.
 
BPBD setempat juga telah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan pendataan lokasi bencana. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan, kerugian materi masih dalam pendataan.
 
Nadif juga mengingatkan, agar warga sekitar kawasan terdampak untuk selalu waspada terhadap potensi bencana serupa. Karena, intensitas hujan di wilayah Kabupaten Bojonegoro mulai meningkat dibanding awal bulan.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif