Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Ahmad Mustaqim)

Wakil Rakyat dari Partai NasDem di DIY Meningkat

nasdem pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 13 Mei 2019 13:52
Yogyakarta: Partai NasDem mengantarkan sebanyak 22 kadernya sebagai wakil rakyat lewat pemilu 2019 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Wakil rakyat ini mulai dari DPR, DPRD tingkat provinsi, hingga DPRD tingkat kabupaten/kota. 
 
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY, Subardi mengatakan dirinya menjadi satu-satunya calon anggota legislatif dari NasDem yang lolos ke Senayan. Subardi mendulang 67.920 suara.  
 
Selain itu, ada lebih dari 20 caleg partai NasDem di tingkat daerah lolos menjadi anggota legislatif. "Ada peningkatan karena dari pemilu sebelumnya hanya 14 wakil rakyat, saat ini ada 22 wakil rakyat di dan dari DIY," ujar Subardi dihubungi Medcom.id, Senin, 13 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, ada tiga kader partai NasDem yang lolos di DPRD DIY. Tiga orang tersebut yakni Suparja (mendapat 19.247 suara), Heri Dwi Haryono (4.504 suara), dan Widi Sutikno (7.995 suara). 
 
Suparja dan Heri lolos dari Dapil Gunungkidul, sedangkan Widi Sutikno lolos dari dapil Sleman. "Jumlah Wakil rakyat dari (Partai) NasDem di DIY tetap, dari tiga kursi menjadi tiga kursi," ujarnya. 
 
Subardi mengungkapkan, partai NasDem paling banyak meloloskan wakil rakyat di DPRD Kabupaten Gunungkidul. Ada sebanyak sembilan kader yang lolos. 
 
Mereka yakni Rian Eko Wibowo, Ismail Ishom, Poerwadi, Subarni, Suharno, Anton Supriyadi, Wulan Tustiyana, Kuswarini, dan Heru Purwanto. Jumlah ini meningkat karena NasDem pada pemilu sebelumnya hanya memiliki dua wakil. 
 
Di DPRD Bantul, Partai NasDem meloloskan kader bernama Bibit Rustanto. Kemudian, NasDem meloloskan tiga caleg di DPRD Kabupaten Sleman; Surabaya, Ismi Sutarti, dan Suharyono. 
 
Di DPRD Kota Yogyakarta, kader NasDem yang lolos yakni Sigit Wicaksono, Dwi Candra Putra, Oleg Johan, dan Kholiq Nugroho Aji. Untuk di (DPRD) Kulon Progo meloloskan Nasib Wardoyo. 
 
"Di DIY yang semula 11 wakil rakyat dari NasDem, sekarang menjadi 18 orang, tingkat provinsi tiga orang, dan pusat satu orang," katanya. 
 
Subardi berharap para wakil rakyat yang lolos itu bisa bekerja dengan baik. Menurut dia, mereka kini lolos dengan membawa amanah rakyat. 
 
"Jadi yang lolos harus bekerja untuk rakyat. Kalau tidak bekerja, bisa kami PAW (pergantian antarwaktu)," kata dia. 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif