Pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/6). ANTARA FOTO/Galih Pradipta.
Pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/6). ANTARA FOTO/Galih Pradipta. (Budi Arista Romadhoni)

Pemprov Jateng Buka Pendaftaran Mudik Gratis di Jakarta

Mudik Lebaran 2019
Budi Arista Romadhoni • 08 Mei 2019 09:47
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar program mudik gratis pada tahun ini. Program mudik yaitu dari wilayah Jabodetabek ke beberapa daerah di Jawa Tengah.
 
Sekda Pemprov Jateng, Sri Puryono mengatakan, untuk program mudik gratis dari Jakarta ke beberapa kota di Jateng ini akan fokus pada tiga titik padat pemudik. Yakni wilayah Banyumas, Solo, dan Semarang.
 
"Kita dari provinsi juga memfasilitasi mengenai mudik gratis, dari Jakarta ke Jawa Tengah. Kereta api dari dirut KAI sudah memberikan fasilitas ke kita, dan dari pemprov ditambah pemkab atau pemkot sementara ada 171 bus. Belum lagi yang dari dunia usaha ikut memberikan mudik gratis, pasti jumlahnya lebih besar lagi," kata Sri di Semarang, Rabu, 8 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri menjelaskan, mudik kali ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, dengan menyediakan moda angkutan gratis kereta api, bus dan kapal. Sehingga, masyarakat Jateng yang kebetulan tinggal di Jakarta bisa pulang ke kampung halaman dengan suasana kebahagiaan.
 
"Pokonya, kita memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik," jelas Sri.
 
Sri menjelaskan, untuk bisa mengikuti program mudik gratis Pemprov Jateng cukup datang ke Kantor Perwakilan Jateng di Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan. Pendaftaran dibuka mulai 24 April 2019, hingga sampai kuota terpenuhi.
 
"Ini upaya kita dari Pemprov Jawa Tengah, untuk mengurangi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Jakarta pulang ke kampung halaman. Sepeda motor itu kan tidak disarankan untuk perjalanan jauh, maka kita sarankan memilih bus, kereta atau kapal," beber Sri.
 
Pada arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan terdapat 5,6 juta pemudik dari Jabodetabek masuk ke Jateng. Wilayah Jateng akan menjadi provinsi terbanyak, dalam menerima pemudik dari total 14 juta pemudik. Diperkirakan, puncak arus mudik pada 31 Mei dan 1-2 Juni sebagai waktu ideal pulang kampung.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif