Halaman muka Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Halaman muka Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Penerbangan Tambahan Bandara Adisutjipto Dilimpahkan ke YIA

penerbangan
Ahmad Mustaqim • 30 April 2019 08:44
Kulon Progo: Jadwal penerbangan tambahan dari Bandara Adisutjipto untuk arus mudik dan balik lebaran tahun ini akan dipindahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo. Bandara Adisutjipto diperkirakan sudah padat untuk menampunh jadwal penerbangan tambahan.
 
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, jadwal penerbangan di bandara Adisutjipto sudah mencapai 188 rute per hari. Kondisi itu diperkirakan akan terlalu sesak jika harus ditambah jadwal penerbangan.
 
"Dengan alasan itu kenapa bandara ini (YIA) segera operasional domestik," kata Agus di bandara YIA Kulon Progo, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus memperkirakan, 10 hari sesudah dan sebelum lebaran akan ada penambahan jadwal penerbangan. Sebanyak 26 jadwal penerbangan tambahan diberikan ke Bandara Adisutjipto.
 
"Extra flight nanti seluruhnya dipindahkan ke YIA," kata dia.
 
Maskapai yang sudah menyampaikan rencana penerbangan di bandara YIA yakni Citilink. Grup maskapai dengan jenis pesawat Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya Air ini berencana mendarat di YIA mulai 6 Mei 2019.
 
Jatah lot penerbangan domestik di bandara YIA masih banyak. Namun, hal itu masih kesesuaian jadwal penerbangan di bandara lain.
 
Maskapai Lion Grup sudah mencoba dari YIA-Bali, kembali YIA-Batam. Namun, nampaknya slot penerbangan di Bali belum siap.
 
"Lion dan Batik sudah mengajukan (jadwal penerbangan tambahan) dua. Ada rute Palangka Raya, (maskapai) Batik Air ada (pengajuan) tiga, tapi masih ada kendala (slot)," ujarnya.
 
Sembari menunggu, kata dia, pihaknya masih menyeleraskan jadwal penerbangan di sejumlah bandara dengan YIA. Bandara Halim Perdana Kusuma dianggap paling siang jadwal dengan YIA.
 
"Untuk peresmian full bandara YIA nanti akhir tahun. Kira-kira (penyelesaian pembangunan) butuh waktu hingga November (2019)," tuturnya.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif