KA Joglosemarkerto Sambungkan Jalur Selatan-Utara

Pythag Kurniati 01 Desember 2018 11:29 WIB
kereta api
KA Joglosemarkerto Sambungkan Jalur Selatan-Utara
Peluncuran KA Joglosemarkerto
Solo: PT. Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan relasi baru Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto di Stasiun Solo Balapan. Peluncuran KA yang dinamai Joglosemarkerto tersebut dilangsungkan pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Salah seorang warga yang hadir dalam peluncuran KA Joglosemarkerto, Budiman, 45 mengapresiasi kehadiran kereta dengan relasi baru ini. Menurutnya KA Joglosemarkerto benar-benar mengakomodir kebutuhan pengguna kereta api.

"Pasalnya selama ini dari jalur selatan ke utara dan sebaliknya harus oper lebih dulu. Sekarang dengan KA ini bisa tersambung langsung," ungkap Budiman di Solo, 1 Desember 2018.


Baca: KA Joglosemarkerto Diluncurkan Besok

Hal senada dikatakan Tedjo, 21 salah satu anggota klub pecinta kereta api (railfans). "Sudah tidak usah transit-transit lagi," paparnya.

Sementara Direktur Logistik dan Pengembangab PT. KAI Bambang Eko Martono membenarkan hal tersebut. Hadirnya KA relasi baru ini memang difungsikan untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat, utamanya di wilayah Jateng dan DIY.

Pengguna kereta api tidak perlu berhenti untuk transit dan berganti kereta lainnya. "Sekarang istilahnya loop, memutar dari Solo-Yogyakarta-Purwokerto dan Semarang dan kembali lagi ke Solo," tutur dia.

Adapun pada peluncuran pertama, PT. KAI menyediakam tiga trainset atau rangkaian kereta. Terdiri dari kereta eksekutif berkapasitas 100 kursi dan ekonomi dengan kapasitas 560 kursi.

Harga kursi eksekutif dibanderol mulai Rp60 ribu hingga Rp225 ribu, bergantung pada jarak. Sedangkan kereta ekonomi Rp35 ribu sampai Rp130ribu. Namun selamaa dua pekan pertama pengoperasian (1-13 Desember 2018), PT. KAI memberikan diskon sebesar 10 persen bagi masyarakat.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id