Audiensi perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari dengan pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Audiensi perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari dengan pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Rhobi Shani)

Buku dari Portugis Perkuat Bukti Ratu Kalinyamat

pahlawan
Rhobi Shani • 28 Maret 2019 16:08
Jepara: Yayasan Dharma Bakti Lestari mendapatkan enam buku dari Portugis tentang Ratu Kalinyamat. Buku itu sebagai dasar literasi untuk membuktikan bahwa sosok Ratu Kalinyamat itu memang benar-benar ada. Itu disampaikan perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari, Edi Hidayat, saat bertemu dengan jajaran pemerintah Kabupaten Jepara, pada Rabu, 28 Maret 2019.
 
“Sebetulnya dari pengajuan yang pertama dan kedua itu hanya kurang satu strip, yaitu tinggal membuktikan bahwa Ratu Kalinyamat itu ada dan berperang. Untuk melengkapi itu, kami sudah mendapakan enam buku dari Portugis yang memuat tentang Ratu Kalinyamat,” ujar Edi di hadapan perwakilan-perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD).
 
Dalam pengajuan yang ketiga, Edi juga berpijak pada hasil pengusulan yang pertama dan kedua. Tim pengusulan pertama dan kedua kembali dilibatkan dalam pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional yang kembali digagas Lestari Moerdijat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami mendukung usaha-usaha yang dilakukan sebelumnya. Ini upaya masyarakat Jepara. Ini (Ratu Kalinyamat) putri dari Jepara, kami hanya memfasilitasi,” kata Edi.
 
Disampaikan, saat ini bangsa Indonesia kekurangan tokoh perempuan yang dapat dijadikan panutan. Semangat juang Ratu Kalinyamat dapat dijadikan contoh bagi genarasi sekarang.
 
“Ratu Kalinyamat pada saat itu sudah menjadi pemimpin pasukan. Itu terbukti dengan mengirimkan 3.000 pasukan dengan armada perang ke Malaka,” ungkap Edi.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Agus Tri Harjono berpesan, agar Yayasan Dharma Bakti Lestari tidak terburu-buru dalam menyampaikan usulan. Sebelum usulan disampaikan kepada pemerintah pusat, segala persyaratan dan bukti pendukung untuk dipersiapkan dengan baik.
 
“Kami sangat mendukung. Pada pengajuan yang pertama dan kedua kami juga terlibat. Untuk yang ketiga ini, jangan tergesa-gesa supaya bukti-bukti dilengkapi,” kata Agus. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif