Petugas melipat surat suara untuk pemungutan suara ulang di gudang KPU Jepara, Jawa Tengah
Petugas melipat surat suara untuk pemungutan suara ulang di gudang KPU Jepara, Jawa Tengah (Rhobi Shani)

KPU Jepara Didistribusikan Logistik PSU

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Rhobi Shani • 19 April 2019 11:30
Jepara: Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyiapkan surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). Surat suara untuk PSU sudah didistribusikan ke tiap-tiap KPU daerah. Besok, Sabtu, 20 April 2019, KPU Kabupaten Jepara menggelar PSU di tempat pemungutan suara di (TPS) 16 Desa Welahan.
 
Komisioner KPU Jepara, Muhammadun menyampaikan, surat suara PSU hari ini mulai dimasukan ke dalam kotak. Sejak kemarin, formulir C-6 sudah didistribusikan ke pemilih.
 
“Surat suara sudah selesai dilipat dan dimasukan ke dalam kotak. Formulir C-6 mulai dibagikan kemarin sampai sore ini,” ujar Muhammadun, Jumat, 19 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Urutan pelaksanaan PSU sama dengan pemungutan suara pada 17 April 2019. Yang membedakan hanya surat suara. Dimana dalam suarat suara  PSU terdapat keterangan susulan.
 
“Tata cara sama. Dimulai pukul 07.00 sampai pukul 13.00,” ungkap Muhammadun.
 
KPU Jepara mendapatkan surat suara Pilpres dan DPD untuk PSU dari KPU Provinsi Jawa Tengah.  Kemudian surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi dari KPU Kudus. Surat suara DPRD Kabupaten sudah berada di KPU Jepara.
 
“KPU RI sudah menyiapkan surat suara cadangan PSU sebanyak 1.000 lembar di setiap daerah pemilihan (Dapil). Pilpres dan DPD di KPU Provinsi, DPR RI di titipkan di KPU Kudus,” terang Muhammadun.
 
Seperti diketahui, berdasarkan surat keputusan KPU, bahwa yang menjabat Ketua KPPS TPS 16 Desa Welahan adalah Heri Setiawan. Namun, lantaran tidak ada ditempat Heri digantikan orangtuanya, Sukardi.
 
Proses pergantian Ketua KPPS ini tidak didahului dengan revisi SK. Sehingga, surat suara yang ditandatangani Sukardi tidak sah. Itu   sesuai dengan Pasal 372 ayat 2 huruf C UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.
 
Pada pemungutan suara kemarin, sudah ada 213 surat suara yang tercoblos di TPS 16 Desa Welahan. Sementara, jumlah pemilih tetap di TPS tersebut sebanyak 261. PSU di TPS 16 Desa Welahan berdasarkan rekomendasi Bawaslu Kabupaten Jepara dan rapat pleno KPU Jepara pada, Rabu malam, 17 April 2019.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif