Wisatawan menikmati suasana pantai di Gunungkidul, Medcom.id - Mustaqim
Wisatawan menikmati suasana pantai di Gunungkidul, Medcom.id - Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Dampak Tsunami, Kunjungan Wisata di Gunungkidul Turun

Tsunami di Selat Sunda
Ahmad Mustaqim • 25 Desember 2018 12:01
Yogyakarta: Bencana tsunami di Selat Sunda berdampak pada objek wisata pantai lain. Termasuk, kunjungan wisatawan di pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Asty Wijatanti mengatakan tidak terjadi antrean panjang di tempat pemungutan retribusi (TPR) kawasan pantai di wilayahnya. Biasanya, saat hari libur antrean cukup panjang. 
 
Ia memperkirakan, wisatawan khawatir dengan ancaman tsunami memutuskan tidak ke pantai. "Ada juga wisatawan yang tanya-tanya ke petugas di TPR soal potensi tsunami," kata Asty di Gunungkidul pada Selasa, 25 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asty menyebutkan, kunjungan wisatawan sejak Sabtu, 22 Desember 2018 hingga awal pekan kemarin sekitar 53 ribu. Berdasarkan data dia, sebagian besar tujuan wisatawan tertuju ke pantai. 
 
"Menang jumlah kunjungan ada peningkatan. Namun demikian situasi di pos retribusi tidak terjadi antrean yang terlalu banyak," ungkapnya. 
 
Selain peristiwa tsunami di Selat Sunda, ia memperkirakan ada sebagian masyarakat yang belum berangkat berlibur. Ia menegaskan saat ini situasi pantai di Gunungkidul masih aman untuk wisata. 
 
Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto menuturkan, ada puluhan personel yang disebar untuk menjaga keamanan. Selain itu, para petugas tersebut diberikan tugas menyampaikan peringatan kepada wisatawan, termasuk untuk tidak berlindung di bawah ceruk tebing bebatuan. 
 
"Ada 57 personel yang terjun di lapangan. Kami minta wisatawan mematuhi semua peringatan yang diberikan petugas," ungkapnya. 

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi