Ilustrasi Medcom.id/  Rakhmat Riyandi.
Ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi. (Ahmad Mustaqim)

Seorang Pemancing di Bantul Tersambar Petir

cuaca ekstrem
Ahmad Mustaqim • 13 Januari 2019 16:14
Yogyakarta: Seorang warga Dusun Karanggayam, Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Muhjihadin tersambar petir pada Minggu, 13 Januari 2019. Muhjihadin tersambar petir saat sedang memancing.
 
Komandan Search and Rescue (SAR) Linmas Pantai Parangtritis Bantul, M. Ali Sutanto mengatakan, Muhjihadin memancing di kawasan Pantai Depok, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Tak lama saat memancing, petir tersebut menyambar korban.
 
"Korban ini memancing saat kondisi hujan. Korban kemudian segera dibawa ke salah satu klinik di dekat lokasi," kata Ali saat dihubungi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ali menjelaskan, warga sempat mengingatkan korban untuk tidak memaksakan memancing saat hujan. Minimal, kata dia, mencari tempat berlindung yang cukup aman. Menurut dia, hujan terjadi cukup deras dan disertai petir. Pihak SAR tak menduga jika korban tetap nekad memancing.
 
"Korban kondisinya selamat. Tapi, tidak di klinik, korban dirujuk (RSUP Dr) Sardjito untuk pengobatan luka bakar," ujar Ali.
 
Dihubungi terpisah, Kepala kelompok data dan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyajarta, Djoko Budiyono mengungkapkan, pemantauan yang lembaganya lakukan, kawasan pesisir selatan Bantul tengah terjadi hujan lebat. Bahkan, hujan disertai dengan petir dan angin kencang. 
 
Situasi itu diakibatkan kondisi angin di kawasan Yogyakarta yang membentuk awan hujan. Selain itu, ditambah dengan perkiraan awal puncak musim hujan dasarian pertama, yakni awal Januari hingga Februari 2019. 
 
"Sekiranya masyarakat bisa mempertimbangkan untuk beraktivitas di luar ruangan saat hujan. Potensi bencana, seperti banjir, angin kencang, bahkan petir bisa saja terjadi di puncak musim hujan seperti sekarang," ungkap Djoko.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi