ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Ahmad Mustaqim)

Belasan Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Yogyakarta

musim hujan angin kencang
Ahmad Mustaqim • 02 Maret 2019 11:08
Yogyakarta: Belasan pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang di tiga wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat petang, 1 Maret 2019. Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY mencatat tiga daerah terdampak ada di Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman. 
 
Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Samsurizal menuturkan, ada tiga pohon tumbang yang terjadi di Kota Yogyakarta. Pertama di halaman parkir Kebun Binatang Gembira Loka, Rejowinangun; lalu di Kelurahan Rejowinangun, Kotagede; dan Kelurahan Wirobrajan, Kecamatan Wirobrajan. 
 
"Pohon waru yang tumbang di halaman parkir Kebun Binatang Gembira Loka ini menimpa bus yang sedang parkir," kata Danang saat di konfirmasi, Jumat, 1 Maret 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Danag menjelaskan, hujan disertai angin kencang juga mengakibatkan rusaknya atap salah satu rumah warga di Kecamatan Ngampilan, beterbangan. Rumah tersebut milik warga bernama Sri Lestari. 
 
Wilayah Kabupaten Bantul terdampak paling banyak. Ada sekitar 14 pohon tumbang di Kabupaten Bantul. Daerah paling parah terdampak ada di Kecamatan Banguntapan. 
 
Sementara empat pohon tumbang di Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Adisutjipto Yogyakarta. Salah satunya mengakibatkan tiang listrik nyaris ambruk dan mengganggu arus lalu lintas di perempatan Jalan Majapahit.
 
Lalu, ada dua pohon tumbang yang menimpa dua mobil di parkiran Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito. "Ada beberapa pohon tumbang juga di kompleks AAU blok P dan F yang menimpa bangunan rumah," ungkap Danang.
 
Di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik. Kemudian, ada juga pohon jati tumbang menimpa rumah warga. "Di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, ada juga pohon tumbang menimpa rumah warga," ujar Danang. 
 
Danang menambahkan, dampak pohon-pohon tumbang tersebut sebagian sudah dibersihkan oleh petugas BPBD, SAR, hingga relawan. Selain itu, warga dan kelompok warga siaga bencana hingga kepolisian ikut membantu.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif