Yogyakarta Dipadati Wisatawan saat Hari 'Kejepit' Nasional

Patricia Vicka 19 November 2018 17:20 WIB
pariwisatayogyakarta
Yogyakarta Dipadati Wisatawan saat Hari 'Kejepit' Nasional
Suasana Melioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, 19 November 2018. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Yogyakarta: Yogyakarta dipadati wisatawan pada liburan akhir pekan ini. Pasalnya libur akhir pekan disusul dengan libur nasional Maulud Nabi pada Selasa, 20 November 2018. Para pelancong memanfaatkan hari 'kejepit' nasional ini untuk berwisata ke kota budaya ini. 

Hotel dan sejumlah penginapan di Kota Yogyakarta nampak penuh. Begitu juga di jalanan, mobil dengan plat dari luar daerah Yogyakarta berseliweran memadati kota pendidikan ini. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) wilayah DIY Istijab Danunegoro menjelaskan, keramaian dimulai sejak Jumat 16 November 2018. Tingkat keterisian hotel (Okupansi) pada hari 'kejepit' nasional ini meningkat drastis dibanding hari biasa dan akhir pekan normal.


"Tingkat okupansi sekitar 80-90 persen. Hampir semua hotel penuh," kata Istijab di Yogyakarta, Senin, 19 November 2018.

Kawasan Malioboro masih menjadi primadona para pelancong. Hampir semua hotel dan penginapan penuh dipesan wisatawan. Disusul dengan kawasan di sekitar Tugu Yogyakarta dan Keraton.

Istijab menjelaskan sebagian besar wisatawan yang datang adalah rombongan keluarga atau pasangan muda-mudi. Mereka datang melalui jalur darat baik melalui kereta Api, kendaraan pribadi dan bus, maupun jalur udara dengan pesawat terbang.

Para wisatawan akan kembali ke kota masing-masing pada Selasa 20 November 2018. Mereka kembali untuk beristirahat sebelum melanjutkan aktifitasnya esok hari.

Peningkatan okupansi turut dirasakan oleh Hotel Tentrem yang beralamat di Jalan AM Sangaji Kota Yogyakarta. Publik Relation Manager Hotel Tentrem,  Adventa Pramushanti  mengatakan tingkat hunian di hotelnya mencapai 96 persen.

Saat hari liburan biasa, tingkat hunian berkisar 93-95 persen.

"Sejak Jumat sampai hari ini tingkat hunian tinggi. Didominasi tamu yang berlibur," jelas Venta.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id