Caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng Lestari Moerdijat akan memperjuangkan nama pemimpin Jepara tersebut. Medcom.id/Rhobi Shani
Caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng Lestari Moerdijat akan memperjuangkan nama pemimpin Jepara tersebut. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Ratu Kalinyamat Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

pahlawan
Rhobi Shani • 27 Februari 2019 12:48
Jepara: Kabupaten Jepara Jawa Tengah pernah dipimpin Ratu Kalinyamat, putri Raja Demak Sultan Trenggono. Ratu yang memiliki nama kecil Retna Kencana memimpin Jepara pada tahun 1549 dan kerap membantu sejumlah raja-raja di Nusantara untuk mengusir Portugis.
 
Nama Raut Kalinyamat diusulkan nenjadi Pahlawan Nasional atas kepemimpinan dan semangat juangnya mengusir Portugis.  Caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng Lestari Moerdijat akan memperjuangkan nama pemimpin Jepara tersebut. 
 
“Sudah lama Ibu Lestari mempelajari sosok Ratu Kalinyamat. Kemudian muncul keinginan mengusulkan agar gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Ratu Kalinyamat,” ujar Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Nur Hidayat, Rabu, 27 Februari 2019.
 
Tidak hanya membaca catatan sejarah, Lestari juga mengunjungi sejumlah tempat di Kabupaten Jepara yang berkait dengan Ratu Kalinyamat untuk mewujudkan gelar tersebut. Di antaranya ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Kecamatan Mantingan dan mendatangi lokasi yang diyakini bekas kerajaan Ratu Kalinyamat bertahta.
 
“Hari ini mendatangi sejumlah tokoh di Jepara yang mengetahui sejarah Ratu Kalinyamat dan akan dilanjutkan dengan melihat langsung benda-benda peninggalan Ratu Kalinyamat, seperti  watu gelang, masjid, kuto bedah, dan watu ampar,” kata Nur Hidayat.
 
Ide menyematkan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat ini bukan yang pertama. Sebelumnya, sudah banyak kelompok masyarakat yang pernah mengusulkan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat.
 
“Lembaga dan komunitas yang pernah mengusulkan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat dirangkul lagi. Ini ada ikhtiar lagi dari Ibu Lestari mudah-mudahan berhasil. Rencana ini sudah sudah disampaikan kepada masyarakat dan disambut baik rencana Ibu Lestari ini,” ungkap Nur Hidayat.
 
Yayasan Sultan Hadlirin yang mengelola Masjid Mantingan dan makam Ratu Kalinyamat menyambut baik rencana Lestari. Pengurus yayasan, Ali, berharap Lestari dapat mewujudkan menyematkan gelar pahlawan untuk Ratu Kalinyamat.
 
“Kami sebagai pengurus yayasan siap membantu total dan bersedia untuk menyediakan semua bukti yang diperlukan dalam pengajuan tersebut,” tandas Ali.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif