Pengunjung Pantai Bandengan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu, 9 Juni 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Pengunjung Pantai Bandengan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu, 9 Juni 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani. (Rhobi Shani)

Wisatawan Diminta Mematuhi Batas Area Renang

wisatawan libur panjang
Rhobi Shani • 09 Juni 2019 10:52
Jepara: Pasang air laut di perairan Jepara, Jawa Tengah, terjadi dari pagi hingga sore. Para wisatawan di Pantai Bandengan diingatkan untuk tidak berenang dan mandi laut melewati batas-batas area yang sudah ditentukan.
 
Kasatpolairud Polres Jepara, Iptu Luqman Fuadi mengatakan demi menjamin keamanan pengunjung pantai tidak hanya dilakukan dengan memberikan imbauan. Tapi juga patroli laut dan penjagaan batas area renang dan mandi laut.
 
"Saat ini air laut pasang. Wisatawan kami minta juga ikut mengawasi putra-putrinya yang berenang di laut jangan sampai melewati batas-batas area renang," kata Luqman saat dikonfirmasi, Minggu, 9 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain petugas kepolisian, Basarnas, dan relawan, nelayan tradisional juga dilibatkan dalam mengawasi pengunjung pantai. Nelayan ditempatkan di garis-garis batas renang dan mandi laut.
 
"Kami perkirakan puncak kunjungan wisatawan hari ini, karena besok mungkin sudah ada yang mulai masuk kerja," jelas Luqman.
 
Manajer Objek Wisata Pantai Bandengan, Mat Khairum menyampaikan, setiap hari rerata pengunjung mencapai 3.000 orang. Wisatawan mulai ramai pada waktu sore hari.
 
"Wisatawan ramai mulai sore. Sambil mandi laut wisatawan juga menikmati senja. Kalau sore pemandangannya bagus," ujar Mat Khairum ditemui di Pantai Bandengan.
 
Selain suasana senja, Mat Kharium menambahkan daya tarik Pantai Bandengan lainnya, yaitu hamparan pasir putih. Serta, ombak yang tidak besar sehingga aman untuk renang dan mandi laut.
 
"Apa lagi saat ini air laut pasang siang sampai sore, jadi enak baut mandi laut. Tapi kami himbau untuk pengunjung tidak mandi laut melewati batas mandi," jelas Mat Khairum.
 
Wisatawan dari Padang, Yasmin mengaku sengaja berlibur ke Pantai Bandengan pada musim libur Lebaran tahun ini. Kunjungannya kali ini merupakan yang pertama.
 
"Baru sekali ini. Pantainya bagus ombaknya landai jadi asyik banget buat renang dan main pasir," ungkap Yasmin.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif