Arak-arak memeden sawah di Desa Kendeng Sidialit Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
Arak-arak memeden sawah di Desa Kendeng Sidialit Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Ragam Bentuk Hantu Pengusir Hama Pertanian

budaya
Rhobi Shani • 20 September 2018 17:47
Jepara: Jelang siang warga berkumpul di sepanjang jalan desa di depan kantor Balai Desa Kendeng Sidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semua turun ke jalan.
 
Ada yang membawa nampan berisi ayam, ada pula yang membawa bakul berisi nasi. Tak sedikit pula ibu-ibu dan remaja putri berdandan ala perempuan jawa. Berkebaya, sanggul, lengkap dengan rias wajah.
 
Di sela-sela kerumumnan warga di tengah jalan, hantu-hatu sawah aneka bentuk berdiri rapi. Ada yang berbentuk manusia, pak tani lengkap dengan cangkulnya. Ada pula yang berbentuk alien. Dan juga berbentuk hewan seperti kuda dan onta. Semua hantu sawah yang dibuat dari jerami itu dibuat dalam ukuran besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barisan hantu sawah paling depan dihiasi hantu sawah berbentuk kerbau berwarna hitam dengan dua tanduk. Kerbau itu diikat banyak tali dipeganggi sejumlah warga. Sesekali, kerbau itu mengamuk, menyerang warga yang berada di sisi kanan dan kiri jalan.
 
Usai kumandang azan Zuhur, kepala Desa Kendeng Sidialit beserta perangkat desa dan tokoh masyarakat bergabung ke dalam barisan warga. Kini pemimpin desa beserta warganya bersiap menuju area persawahan. Setelah pimpinan pasukan panji-panji di barisan paling depan menyerukan komanda, arak-arak memeden sawah dimulai.
 
Menempuh jarak lebih dari satu kilometer melewati pemukiman dan area persawahan, prosesi arak-arakan jadi tontonan menarik bagi warga. arak-arakan kian semarak dengan iringan berbagai alat musik, ada rebana, gamelan, juga alat musik tradisional thongthek.
 
Salah satu warga peserta arak-arakan, Suwandi menceritakan, di beserta sejumlah warga lainnya membuat hantu sawah berbentuk keluarga petani. Yaitu, dua orang tua dan satu anak. Dimana hantu sawah berbentuk pak tani menarik gerobak, sementara hantu sawah ibu tani mendorong gerobak dari belakang. Kemudian, si anak duduk bersila di atas gerobak dengan memegangi sesaji berisi aneka jenis jajan pasar.
 
"Masyarakat petani sangat kuat dengan budaya gotong royong. Kami ingin menunjukan itu, sekaligus mengingatkan kepada kita semua bahwa gotong royong itu sangat penting untuk menjaga persatuan warga. itu sebabnya kami membuat bentuk memeden (hantu) sawah berbentuk orang narik dan mendorong gerobak,” ujar Suwandi yang mengenakan baju beskap warna hitam memakai blangkon, usai arak-arakan, Kamis, 20 September 2018.
 
Ragam Bentuk Hantu Pengusir Hama Pertanian
Arak-arak memeden sawah di Desa Kendeng Sidialit Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
 
Kepala Desa Kendeng Sidialit Kahono Wibowo mengungkapkan, hantu sawah merupakan senjata ampuh petani dalam mengusir hama. Tidak hanya manjur, tapi juga ramah lingkungan. Caranya, hantu sawah satu dengan lainnya saling terhubung dengan tali. Di setiap hantu sawah diberi benda-benda yang dapat menghasilkan suara saat digoyang-goyoang.
 
"Kalau ada gerombolan burung-burung mau datang, salah satu tali yang mengikat hantu sawah langsung ditarik. Terus semua hantu sawah yang sudah saling terhubung akan mengeluarkan suara, lalu burungnya pergi," beber Kahono.
 
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Kendeng Sidialit, Agus Mulyono menyampaikan, pada arak-arak kali ini warga dituntut kreativitas dalam menciptakan hantu sawah. Harapannya, hantu-hantu sawah yang diciptakan masyarakat dan dilombakan itu dapat menjadi magnet warga luar desa untuk menyaksikan prosesi arak-arak hantu sawah.
 
"Syukur-syukur bisa menjadi agenda pariwisata budaya setiap tahun. Itu sebabnya, kami lombakan," kata Agus di area persawahan sebelum acara doa bersama dimulai.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif