Peta Asia Tenggara, wikipedia
Peta Asia Tenggara, wikipedia (Ahmad Mustaqim)

Peran Asia Tenggara Penting untuk Perdamaian Dunia

perdamaian
Ahmad Mustaqim • 17 Januari 2019 21:02
Yogyakarta: Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki peluang untuk berkontribusi menciptakan perdamaian dunia. Setidaknya ada dua tokoh di Asia Tenggara mendapat nobel perdamaian yaitu Ramos Horta dari Timur Leste dan Aung San Suu Kyi dari Myanmar.
 
Hal itu disampaikan Ketua Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) Universitas Gadajah Mada (UGM) Yogyakarta, Najib Azca. Walaupun, Ramos menerima penghargaan itu sebelum Timor Leste berdaulat sebagai negara. Sementara nobel untuk Suu Kyi kabarnya akan dicabut.
 
Indonesia memiliki posisi penting menciptakan perdamaian. Dua organisasi keagamaan di Indonesia berperan menjaga perdamaian negara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lantaran itu PSKP berencana mengajukan organisasi keagamaan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama untuk mendapat nobel perdamaian," ujar Najib di Kampus UGM Yogyakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Menurut Najib, pengajuan nobel tertutup. Selain panitia, tak ada yang tahu siapa yang akan terpilih mendapat hadiah tersebut.
 
Tapi, ujar Najib, PSKP UGM berkepentingan meningkatkan profil Islam di Indonesia di mata internasional. Sebab Islam di Indonesia mencerminkan kedamaian.
 
"Tidak sama dengan negara lain. Di Iran, Irak, dan Suriah, perangnya tak habis-habis," ungkap Najib.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi