Warga Tanam 10.500 Pohon di Tol Brebes-Tegal
Warga menanam pohon di sepanjang jalan tol Brebes-Tegal, Jawa Tengah, Minggu, 18 November 2018. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Tegal: Ribuan warga Kota dan Kabupaten Tegal melakukan penanaman 10.500 pohon di sepanjang jalan tol Brebes-Tegal. Penanaman ini merupakan inisiasi Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu untuk mengantisipasi banjir di wilayah tersebut.

Mereka bersama-sama menanam berbagai jenis pohon kayu di antaranya trembesi, sengon, mahoni, cemara, dan ketapang, serta pohon buah-buahan seperti mangga, jambu, dan sirsak.

Ketua Umum IKBT Bahari-Ayu Suswono mengatakan, penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian setelah beberapa wilayah di Kabupaten dan Kota Tegal dilanda banjir saat musim hujan tahun lalu.


"Kita mengawali dengan cara menanam pohon untuk menciptakan ruang terbuka hijau untuk resapan air sehingga dapat mencegah banjir,"‎ kata Suswono saat dikonfirmasi, Minggu, 18 November 2018.

Selain pelajar dan masyarakat, sejumlah pejabat Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Kabupaten dan Kota Tegal, Perhutani, PT Waskita Karya, Polri dan TNI juga ikut serta melakukan penanaman.

Menurut mantan Menteri Pertanian itu, langkah tersebut juga sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat sehingga menanam pohon untuk penghijauan bisa menjadi budaya.

"Kita juga sudah ada kesepahaman, bekerja sama dengan bupati dan wali kota untuk melaksanakan penghijauan antar kecamatan. Setelah tumbuh dan berbuah, hasilnya nanti bisa untuk masyarakat," jelas Suswono.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id