Kondisi Sungai Pemali usai evakuasi korban perahu terbalik di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Kondisi Sungai Pemali usai evakuasi korban perahu terbalik di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi) (Kuntoro Tayubi)

Perahu Penyeberangan Terbalik di Sungai Pemali, 1 Penumpang Tewas

perahu
Kuntoro Tayubi • 23 Januari 2019 09:47
Brebes: Perahu penyeberangan Sungai Pemali di Desa Kebandungan, Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terbalik karena kelebihan penumpang, Selasa, 22 Januari 2018. Belasan penumpang tenggelam, satu korban ditemukan meninggal dunia.
 
“Perahu untuk penyeberangan warga antar desa Kebandungan-Kosambi, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal,” kata Danramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin, saat dihubungi, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Armed mengatakan, kapal tenggelam akibat putusnya tali sling yang digunakan untuk mengendalikan perahu. Tali yang sudah berkarat tersebut putus saat perahu berada di tengah sungai. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibatnya perahu miring dan terbalik karena terbawa arus deras sungai. Para penumpang panik dan berusaha berenang untuk menyelamatkan diri.
 
Perahu tersebut berisi 13 penumpang, ditambah dua juru mudi. Yakni,  Tardi, 55, warga RT 02 RW 01 dan Idin, 45, RT/RW 01 Desa Kebandungan. Selain itu, terdapat juga muatan 4 unit sepeda motor.
 
“Mereka yang selamat adalah yang bisa berenang dan diselamatkan oleh penduduk yang kebetulan melihat kejadian,” unngkapnya.
 
Sedangkan korban meninggal, Roilah Binti Sidik, 40, warga Kebandungan RT 05 RW  03, Kecamatan Bantarkawung hanyut karena sama sekali tidak bisa berenang. Setelah pencarian beramai-ramai selama 1,5 jam oleh oleh Tim SAR, TNI-Polri dan masyarakat, jenazah baru ditemukan dalam keadaan meninggal.
 
Koordinator SAR Brebes, Adhe Dhanie Raharjo, korban meninggal ditemukan 1,5 kilometer dari lokasi tenggelam. Jasadnya langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.
 
“Perahu masih sangat layak dan tergolong baru serta mampu menampung penumpang berkapasitas 25 orang. Jadi masih memenuhi toleransi,” katanya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif