Maskapai Citilink sesaat usai pendaratan komersial perdana di bandara YIA. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Maskapai Citilink sesaat usai pendaratan komersial perdana di bandara YIA. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Pesawat Komersial Mendarat Perdana di Bandara Kulon Progo

bandara Yogyakarta Airport
Ahmad Mustaqim • 02 Mei 2019 18:09
Kulon Progo: Pesawat komersial maskapai Citilink melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis, 2 Mei 2019. Pesawat jenis Airbus A320 itu penerbangan dari Jakarta dan mendarat perdana di YIA.
 
Maskapai dengan nomor pesawat PK-GQQ mendarat di YIA dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 12.00 WIB. Ada sebanyak 14 kru yang ikut di dalam pesawat itu, termasuk pilot Captain Ina Agus Setiono, kopilot, dan sejumlah pramugari.
 
Pilot maskapai Citilink, Agus Setiono mengatakan penerbangan dilakukan dalam kondisi dan cuacanya yang bagus. Selama penerbangan, kata dia, berbagai aspek berjalan normal. "Lama perjalanan dari Cengkareng kami tempuh sekitar satu jam," kata Agus saat ditemui di Yogyakarta International Airport Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis, 2 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus mengatakan tak begitu menemui hambatan. Ia mengaku sempat mengelilingi sejumlah titik holding yang telah diarahkan AirNav di sekitar bandara YIA.
 
Baginya, pendaratan di landasan YIA dengan panjang 3.250 meter ini lebih dari cukup untuk pesawat Citilink. Sebab, landasan tersebut sesuai standar internasional untuk penerbangan pesawat jenis 3337.
 
"Lalau di sini kan landasannya panjang, jadi kita separuh sudah berhenti, tidak full remnya," kata dia.
 
Juru bicara proyek YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan pendaratan maskapai Citilink ini membanggakan bagi PT Angkasa Pura. Apalagi, itu akan diikuti penerbangan komersial maskapai tersebut mulai 6 Mei 2019.
 
"Kami utama dulu untuk penerbangan domestik. Jelang lebaran ini kira-kira akan ada 25 hingga 30 jadwal penerbangan tambahan dari Bandara Adisutjipto yang dipindah ke Bandara YIA," ujarnya.
 
Maskapai Citilink akan melakukan penerbangan komersial pertama dengan rute bandara Halim Perdanakusuma-YIA maupun sebaliknya. Nantinya, maskapai Citilink akan diikuti maskapai Lion Grup yang masih dalam pengurusan rute penerbangan.
 
"Pengajuannya untuk rute Bali, Balikpapan, Batam, Jakarta, dan Palangkaraya. Kami menunggu izin kementerian," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto ini.
 
Ia menambahkan, maskapai penunjang telah disiapkan untuk calon pengguna jasa maskapai di YIA. Mulai dari DAMRI, Shuttle, hingga kereta api.
 
"Untuk penerbangan internasional, ada maskapai Air Asia dan Silk Air. Kami masih nunggu persiapan (perizinan rute penerbangan internasional) sekitar delapan minggu," ungkap Agus.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif