Belasan Desa di Tegal  Kekeringan
ilustrasi
Tegal: Belasan desa di Kabupaten Tegal dilanda kekeringan. Belasan desa itu berada di Kecamatan Warureja, Suradadi, Jatinegara, dan Balapulang. Warga dari desa-desa itu hanya bergantung pada bantuan air bersih.

"Awalnya cuma 12 desa dari tiga kecamatan yang kekeringan. Tapi sekarang meluas menjadi 18 desa dari empat kecamatan," kata staf Humas PMI Kabupaten Tegal Muhamad Ilman, Minggu, 12 Agustus 2018. 

Ilman merinci, di Kecamatan Warureja ada enam desa yang krisis air bersih yakni Kedungkelor, Banjaragung, Banjarturi, Rangimulya, Kreman, dan Sukareja. Kemudian di Kecamatan Suradadi terdiri dari Desa Purwahamba, Gembongdadi, Kertasari, Jatimulya, Karangmulya, dan Harjosari. Sedangkan di Kecamatan Jatinegara meliputi Desa Penyalahan, Tamansari, Lebakwangi, Lembahsari, dan Dukuhbangsa. Sementara di Kecamatan Balapulang krisis air bersih dialami warga di Desa Kalibakung.


"Air bersih yang sudah disalurkan ke 18 desa itu totalnya 286.000 liter atau 51 tangki sejak 17 Juli sampai 10 Agustus," ujar Ilman.

Ilman menambahkan, penyaluran bantuan air bersih dilakukan PMI bekerjasama dengan sejumlah instansi dan komunitas, antara lain Lazizmu, BPBD, dan Rapi. Selain dari lembaga itu, ada beberapa instansi lainnya yang juga sudah menyalurkan bantuan air bersih. Misalnya, Polres Tegal, Pemkab Tegal melalui anggaran Bazda, dan sejumlah instansi pemerintah lainnya.

"Walaupun sudah banyak bantuan air bersih, tapi beberapa desa masih ada yang kekeringan. Kekeringan semakin meluas," ucapnya.





(ALB)