Kepadatan lalu lintas di jalan Wates menuju Yogyakarta, Minggu, 23 Desember 2018. Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Kepadatan lalu lintas di jalan Wates menuju Yogyakarta, Minggu, 23 Desember 2018. Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Wisatawan Diimbau Waspada Saat Melewati Jalur Alternatif

natal dan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 23 Desember 2018 17:44
Yogyakarta: Wisatawan sudah mulai memadati Yogyakarta sejak akhir pekan ini. Aktivitas lalu lintas di berbagai jalur terlihat dipadati berbagai jenis kendaraan, khususnya roda empat dari luar kota. 

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat sejumlah posko pengamanan liburan akhir tahun di sejumlah titik strategis. Sejumlah petugas terkadang melakukan penguraian saat kondisi kendaraan mengular ratusan meter dari lampu merah. 

Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Komisaris Besar Djatikusumo mengatakan, kepadatan arus lalu lintas terkadang membuat wisatawan memilih jalur alternatif di wilayah Kabupaten Sleman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Misalnya, jalur alternatif dari Kecamatan Tempel menuju wilayah Jalan Solo. Selain itu, ada pula jalur alternatif dari Sleman menuju jalan Wates (Kulon Progo). 

"Ada sejumlah kelemahan (di jalur alternatif), yakni soal rambu petunjuk," kata Djatikusumo di Yogyakarta, Minggu, 23 Desember 2018.

Selain itu, diperkirakan wisatawan akan ada yang mengambil jalur alternatif untuk wisata di Gunungkidul. Meskipun, jalur alternatif tersebut memiliki jalur yang cukup berbahaya. Salah satu jalur Cinomati. Di jalur ini, biasanya terdapat banyak kendaraan yang mesinnya mati di tengah tanjakan. Jika tak ada bantuan akan sangat berbahaya. 

"Kami imbau wisatawan siapkan kendaraan dalam kondisi prima. Pertimbangkan beberapa kali andai ingin menempuh jalur alternatif," ungkap Djatmiko.

Ia juga mengatakan, pengamanan dan rekayasa lalu lintas di kawasan wisata Malioboro juga dilakukan. Sebab, salah satu obyek wisata di pusat Yogyakarta ini dipastikan dipadati wisatawan dari berbagai kota. 

"Untuk du Malioboro sudah kita rekayasa lalu lintas untuk memperlancar. Walaupun ada penumpukan arus dari seluruh kota, atau masyarakat menuju Malioboro. Ada 14 lokasi kantong parkir yang bisa dimaksimalkan," pungkas Djatmiko.


(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi