Ganjar: Proyek Tol Semarang-Yogyakarta Tetap Jalan

Mustholih 23 Oktober 2018 16:00 WIB
infrastruktur
Ganjar: Proyek Tol Semarang-Yogyakarta Tetap Jalan
Gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo- Taj Yasin seusai pelantikan di Istana Negara. MI
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memastikan untuk melanjutkan proyek pembangunan jalan tol Bawen, Semarang-Yogyakarta. Meski sempat mendapat tentangan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah, Ganjar menegaskan proyek tersebut bakal tetap berjalan.

"Jadi, itu tetap berjalan," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 23 Oktober 2018.

Ganjar menyatakan proyek tersebut sempat ditentang DPRD Jateng dengan alasan jalan tol itu dibangun di atas daerah rawan gempa dan lahan subur. "Setelah kita cek ternyata daerah yang dilalui tidak berada di daerah rawan gempa. Alasan kedua soal lahan subur, setelah dicek ternyata mayoritas lahan di sana itu tadah hujan, jadi data itu juga tidak benar," ungkap Ganjar.


Ganjar berujar proyek pembangunan jalan tol Semarang-Yogyakarta sudah menjadi proyek stategis nasional. Sejauh ini, tidak ada alternatif lain untuk menghubungkan Semarang-Yogyakarta kecuali dengan membangun jalan tol. 

"Jika alternatifnya kereta api, itu belum ada project atau dorongan kita untuk melakukan itu, yang sudah ada hanya reaktivasi," kata Ganjar menegaskan.

Menurut Ganjar, Pemerintah Yogyakarta juga sudah setuju dengan pembangunan jalan tol Semarang-Yogyakarta. DPRD Jawa Tengah diklaim Ganjar juga sudah bersika melunak. "Sudah saya sampaikan (soal tol) dan Jogja sudah setuju. Menurut saya ini hanya persoalan data saja yang tidak valid," ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan DPRD Jateng siap berdiskusi dengan Pemerintah untuk merapihkan perbedaan data. "Soal nanti lewat mana, kalau memang mengganggu RTRW akan kita tata ulang," tutupnya.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id