Proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Yogyakarta, Selasa, 30 April 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Yogyakarta, Selasa, 30 April 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

KPU Kota Yogyakarta Targetkan Rekapitulasi Selesai Tiga Hari

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 30 April 2019 18:10
Yogyakarta: Proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Yogyakarta dimulai hari ini, Selasa, 30 April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menargetkan proses selesai dalam waktu tiga hari.
 
Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo mengatakan, rekapitulasi dilakukan di Sekretariat KPU Kota Yogyakarta, Jalan Magelang No 41 Pingit.
 
"Ada 14 Kecamatan yang kami rekap. Target paling lama selesai tiga hari. Semoga bisa lebih cepat," kata Hidayat di sela-sela proses rekapitulsi di Kantor KPU Kota Yogyakarta, Selasa, 30 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hidayat menjelaskan, penghitungan dimulai pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Satu kecamatan membutuhkan waktu 1,5 jam penghitungan. Penghitungan dibagi berdasarkan Daerah Pemilihan (Dapil).
 
Hari ini KPU menargetkan selesai menghitung dua dapil. Dapil 1 yakni Kecamatan Mantrijeron, Kraton dan Mergangsan. Dapil 2 ialah Kecamatan Gondomanan, Ngampilan, Pakualaman, dan Wirobrajan.
 
"Kami targetkan hitung Dapil pertama dan dapil dua. Tapi dapil ke dua minus kecamatan Paku Alam," jelas Hidayat.
 
Kecamatan Paku Alam akan dihitung esok hari bersama dengan Dapil 3 dan sebagian Dapil 4. Dapil 3 yakni Kecamatan Gedongtengen, Jetis, dan Tegalrejo. Dapil 4 Kecamatan Danurejan dan Gondokusuman.
 
Terakhir Dapil 5 akan dihitung hari Kamis 2 Mei 2019. Dapil 5 adalah Kecamatan Umbulharjo dan Kotagede. Setiap dapil akan dihitung kelima jenis surat suara. Setelah selesai, hasil akan langsung sampaikan ke KPU Provinsi. Total DPT dan DPTB di KPU Kota Yogyakarta ada sekitar 309.469 orang.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif