Longsor di Desa Tempur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menutup akses jalan kabupaten.
Longsor di Desa Tempur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menutup akses jalan kabupaten. (Rhobi Shani)

Longsor Kembali Terjadi di Jepara

bencana longsor bencana banjir
Rhobi Shani • 22 Januari 2019 13:30
Jepara: Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membuat tebing setinggi lebih dari 15 meter di Desa Tempur Kecamatan Keling longsor. Material longsor berupa tanah dan batu berukuran besar menutup jalan kabupaten.
 
Kepala Desa Tempur, Sutoyo menyampaikan, material longsor menutup jalan menuju Dukuh Duplak. Akibatnya, 130 kepala keluarga di dukuh tersebut terisolasi.
 
“Sejak dari tadi pagi kami belum berani membersihkan material longsoran, karena hujan masih turun sehingga membahayakan,” ujar Sutoyo, Selasa, 22 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga dan sejumlah relawan kini masih berjaga di sekitar lokasi longsor. Sebab, hujan masih turun di wilayah lereng gunung Muria ini. Batu-batu berukuran besar masih sering berguguran.
 
“Potensi longsor susulan masih ada. Sementara kami hanya berjaga-jaga,” kata Sutoyo.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto menambahkan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Itu berkait dengan rencana pembersihan material longsor.
 
“Akibat material longsoran, separuh badan jalan juga ikut longsor. Area persawahan yang berada di bawah jalan juga rusak. Lebar longsor sekitar 9 meter,” beber Arwin.
 
Sepekan terakhir terjadi dua kali tanah longsor di Dukug Duplak. Longsor terjadi di titik yang berbeda. Pertama, longsor terjadi pada Kamis, 17 Januari 2019.
 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif