Hanya Ada Satu Kantong Parkir Truk di Jepara

Rhobi Shani 08 Juni 2018 14:11 WIB
Mudik Lebaran 2018
Hanya Ada Satu Kantong Parkir Truk di Jepara
Sebuah truk melintas di Kota Jepara, Medcom.id - Rhobi Shani
Jepara: Dinas Perhubungan Jepara, Jawa Tengah, menyiapkan satu kantong parkir untuk truk. Sebab, Pemkab melarang truk masuk ke dalam kota Jepara selama delapan hari di musim mudik dan balik Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deni Hendarko mengatakan kantong parkir berlokasi di Terminal Bus Welahan. Terminal berada di pintu masuk Jepara.

"Lokasinya cukup buat parkir beberapa truk besar. Kami hanya menyiapkan satu di situ," ujar Deni di Jepara, Jumat, 8 Juni 2018.


Larangan itu berlaku mulai tanggal 8, 9, 12, 13, dan 14 Juni 2018 untuk musim mudik. Sedangkan pada musim balik, truk dilarang melintasi Jepara pada tanggal 22, 23, dan 24 Juni.

Truk yang boleh melintas hanya bermuatan bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok. Selain itu, truk harus diparkir di pintu masuk Jepara.

Kasatlantas Polres Jepara AKP Putu Krisna menyampaikan aturan baru ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada musim arus mudik dan balik tahun lalu, kendaraan besar dilarang beroperasi selama 10 hari penuh mulai H-7 hingga H+3 lebaran.
 
“Meski Jepara ini bukan jalur yang dilewati pemudik, tapi di sini ada aset nasional. Dan kendaraan berat yang behubungan dengan PLTU juga tidak boleh beroperasi di tanggal-tanggal tersebut,” ujar Putu.
 
Polres Jepara, lanjut Putu, tak menyiapkan kantong parkir khusus. Jika didapati ada truk melintas di jalan nasional pada tanggal yang dilarang, pihaknya akan mengarahkan agar sopir berhenti di tanah-tanah yang lapang.

“Misalnya di lapangan atau di tempat-tempat yang lebar. Saya sendiri yang akan memimpin patroli ini,” kata Putu.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id