Ganjar Harap Polemik Boyololi tak Diperpanjang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Medcom.id/Budi Arista Romadhoni
Semarang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta warga Boyolali bisa menahan diri terkait ucapan provokatif Calon Presiden Prabowo Subianto. Menurut Ganjar, ucapan Prabowo yang dianggap menghina warga Boyolali tidak perlu dibesar-besarkan.

"Udah, enggak usah digedein. Cilik gemericik gede bisa jadi grojogan. Maka kalau sudah saling tahu ya sudah. Semua sudah belajar," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 5 November 2018.

Ganjar berujar seharusnya Prabowo Subianto dan warga Boyolali bisa saling berdamai. Lagi pula, Prabowo sudah memetik pelajaran dari heboh pernyataan tampang Boyolali.


"Salah kata bisa tersinggung, semua bisa bereaksi panjang, damai-damai saja lah. Semua saling belajar," pinta Ganjar.

Baca: Warga Boyolali Terhina Pernyataan Prabowo

Ganjar berharap Prabowo Subianto menghindari ungkapan provokatif saat berkampanye di Jateng. Politikus PDI Perjuangan ini juga mengingatkan warga Jateng tak bersikap reaktif ketika diprovokasi.

"Kita harus menjaga ketenteraman, persatuan, kedamaian. Kemarin dalam Pilgub kita sudah teruji. Sifat provokatif jangan," tegas Ganjar.

Prabowo saat berkampanye di Boyolali pada Selasa, 30 Oktober 2018, sempat melontarkan ucapan warga Boyolali tak bisa masuk hotel mewah. Mereka bisa saja diusir karena 'wajah Boyolalinya'.

Baca: Timses Klaim Video Prabowo Soal Tampang Boyolali Dipelintir

Prabowo juga menyebut sederet nama hotel mewah. Ia mengatakan warga Boyolali kemungkinan tak bisa menyebut nama-nama hotel mewah tersebut.

"Saya yakin kalian tak pernah masuk hotel-hotel tersebut. Betul? Kalian kalau masuk mungkin kalian diusir karena tampang kalian tidak tampang orang kaya. Tampang kalian, ya, tampang-tampang Boyolali," ucap Prabowo di depan pendukungnya di Boyolali.

Ucapan itu memancing kemarahan warga Boyolali. Ribuan warga Boyolali, Jawa Tengah berunjuk rasa, di Simpang Siaga dan Balai Sidang Mahesa, Minggu, 4 November 2018. Mereka meminta Prabowo Subianto segera ditangkap dan diadili, karena pernyataannya dianggap sangat menghina mereka.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id