Salah satu sudut Kabupaten Kulon Progo. Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Salah satu sudut Kabupaten Kulon Progo. Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Pemkab Kulon Progo Siapkan Wisata Edukasi dan Hiburan

natal dan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 21 Desember 2018 17:58
Kulon Progo: Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan obyek wisata bernilai edukasi dan hiburan untuk libur hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Obyek wisata yang disediakan mulai dari yang dibiayai APBD hingga mandiri. 
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Niken Purbolaras mengatakan pemerintah menyediakan dua kegiatan. Pertama yakni wisata bernilai edukasi di Pantai Trisik, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kulon Progo. 
 
"Di Pantai Trisik ini acaranya besok (Sabtu, 22 Desember 2018), ada seminar nasional penyelamatan penyu. Ini untuk mewujudkan Pantai Trisik sebagai eco-eduwisata. Kemudian akan ada kesenian tradisional juga," kata Niken kepada Medcom.id, Jumat, 21 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehari berselang, lanjut Niken, diadakan reli wisata. Reli wisata ini mulai dari Pantai Trisik menuju Desa Wisata Batik Lendah, Desa Kerajinan Sentolo, Waduk Sermo, dan kembali ke Pantai Trisik. 
 
"Semua (wisatawan) yang hadir dari luar Kulon Progo. Kami juga sediakan hiburan musik untuk generasi milenial. Selama dua hari itu juga akan ada food truck," tuturnya. 
 
Selain itu, ia memperkirakan akan ada banyak obyek wisata lain yang bisa dikunjungi wisatawan di libur akhir tahun. Ia memperkirakan ada 50 lebih obyek wisata. 
 
Menurut dia, banyaknya desa wisata yang juga muncul tak lepas dari potensi menciptakan lapangan kerja, baik barang hingga pelayanan jasa. "Kami imbau wisatawan lebih hati-hati karena saat ini juga sedang berada di musim hujan," pungkas Niken.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif