Pasar jajanan tradisional di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id
Pasar jajanan tradisional di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id (Rhobi Shani)

Jajanan Tradisional Hadir di Telaga Sejuta Akar

liburan
Rhobi Shani • 08 Juni 2019 17:53
Jepara: Jajanan tradisional seperti bubur cenil, nasi jagung, getuk, dan pule dapat dijumpai di objek wisata Tegala Sejuta Akar. Mulai hari ini, pasar jajan tradisional hadir setiap pekan di objek wisata yang dikelola masyarakat Dusun Margokerto Desa Bondo Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
 
Tokoh masyarakat dusun setempat, Hadi Priyanto, menyampaikan pasar jajanan tradisional dihadirkan untuk mengangkat pamor Telaga Sejuta Akar. Selain itu, untuk melestarikan jajanan warisan leluhur yang tak kalah enak dan sehat dengan jajanan masa kini.
 
"Juga untuk mengangkat ekonomi warga setempat utamanya pembuat jajanan tradisional," ujar Hadi ditemui di Telaga Sejuta Akar, Sabtu, 8 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasar jajanan tradisional akan hadir di Telaga Sejuta Akar setiap Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Pengunjung yang datang dengan naik sepeda motor cukup merogoh kocek Rp5.000. sementara, pengunjung yang datang dengan naik mobil cukup membayar Rp15 ribu.
 
"Harga jajanan yang dijual sangat terjangkau. Pengunjung bisa langsung makan ditempat sambil menikmati pemandangan atau mau dibungkus untuk dibawa pulang," kata Hadi.
 
Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam, tapi juga disiapkan titik untuk berswafoto yang kekinian. Ada juga wahana mancakrida. Serta sejumlah wahana bermain, seperti becak air dan atraksi wisata anak-anak.
 
"Pengunjung tidak perlu khawatir, makanan yang dijual dijamin sehat tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan tubuh," ungkap Hadi.
 
Hadi menuturkan, Telaga Sejuta Akar sudah ada sejak sebelum terbentuknya Desa Bondo. Namun, baru pada tahun 2009 telaga tersebut diresmikan menjadi sebuah objek wisata. Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, Telaga Sejuta Akar Jepara ini merupakan sarana rekreasi yang mengedepankan konsep edukasi dan konservasi. Sebab, pengunjung disuguhi keindahan mata air dan banyak pohon karet di sepanjang jalan menuju telaga tersebut.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif