Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim 13 Oktober 2018 09:41 WIB
fenomena alam
Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Yogyakarta
Ilustrasi matahari. Medcom.id/M Rizal
Yogyakarta: Hari tanpa bayangan akan terjadi di wilayah Yogyakarta pada Sabtu, 13 Oktober 2018. Peristiwa ini akan terjadi pada siang hari ini.

"Fenomena hari tanpa bayangan di Yogyakarta akan terjadi pukul 11.24 WIB," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, I Nyoman Sukanta saat dihubungi media, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Sukanta menjelaskan fenomena kulminasi ini terjadi karena matahari berada di posisi paling tinggi di langit. Nama lain fenomena ini bisa disebut transit atau istiwa'.


Posisi matahari nanti, katanya, sama dengan lintang pengamat atau titik zenit. "Istilahnya disebut kulminasi utama," ujarnya.

Matahari yang berada di posisi paling tinggi ini membuat bayangan tegak akan seperti menghilang. Bayangan tersebut tertutup benda itu sendiri.
 
"Oleh karena itu, hari kulminasi utama ini dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," ujarnya.

Sukanta menyebutkan hari tanpa telah terjadi di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Misalnya di Serang dan Jakarta (9 Oktober); Semarang dan Bandung (11 Oktober); serta Surabaya (12 Oktober). Waktu terjadinya hari tanpa bayangan di setiap wilayah tersebut berbeda-beda.

"Hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam setahun, karena posisi Indonesia ada di sekitar ekuator. Waktunya pada sekitar bulan Februari hingga April dan September sampai Oktober," ungkapnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id