Menaker Hanif Dhakiri saat menghadiri seminar leadership motivation di Auditorium UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Kemenaker)
Menaker Hanif Dhakiri saat menghadiri seminar leadership motivation di Auditorium UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Kemenaker) (Gervin Nathaniel Purba)

Menaker Imbau Mahasiswa Aktif Berorganisasi

berita kemenaker
Gervin Nathaniel Purba • 20 Maret 2019 19:06
Semarang: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengimbau mahasiswa untuk aktif berorganisasi. Hal ini mendorong mahasiswa memiliki kemampuan untuk membangun kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi.
 
"Aktivitas organisasi itu penting sebagai pengalaman kolaborasi, berkomunikasi, dan bekerjasama dengan orang lain. Dengan begitu kita akan menemukan eksistensi kita di masa akan datang," kata Hanif, dalam seminar leadership motivation bertemakan Sukses Itu Mudah di Auditorium UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Selain itu, berorganisasi juga mampu mengasah keterampilan mahasiswa agar memiliki sifat responsif. Menurut Hanif, sifat responsif sangat diperlukan di tengah era digitalisasi yang mengakibatkan perubahan model bisnis dan industri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perubahan model bisnis dan industri turut mengubah sejumlah jenis pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan.
 
"Kalau Anda responsif terhadap perubahan maka akan mampu bertahan. Sebaliknya, jika tidak responsif maka akan ketinggalan," katanya.
 
Berorganisasi, lanjut Hanif, juga mentradisikan seseorang untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Tradisi tersebut yang dinilainya mampu menumbuhkan sifat responsif dalam diri mahasiswa.
 
"Jangan merasa puas dan aman dengan kemampuan yang dimiliki saat ini. Kita harus belajar terus menerus, terus dikembangkan kemampuannya," ujar Hanif.
 
Hanif mengatakan ada dua kunci sukses dalam menghadapi era persaingan. Pertama, kerja keras. Kedua, berbuat baik kepada siapapun. 
 
"Kebaikan yang kita lakukan secara terus menerus akan melahirkan keberkahan," ucap Hanif.

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif